Khofifah Ungkap Pesan Terakhir Mendiang Ibunda Presiden Jokowi Sebelum Meninggal, Sebut Ingin Lakukan Hal ini

Kamis, 26 Maret 2020 | 12:00
(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai melayat di rumah duka almarhumah Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).

Gridhype.id- Suasana duka masih menyelimuti keluarga besar Presiden RI Joko Widodo perihal berpulangnya Ibunda tercinta.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melayat ke rumah duka almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo di Sumber, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020).

Khofifah mengatakan, di rumah duka sebagian besar pelayat membacakan surah Yasin. Dirinya juga mengaku bertemu dengan beberapa putri almarhumah Sujiatmi.

Baca Juga: Berita Duka, Ibunda Presiden Joko Widodo Meninggal Dunia diUsia 77 Tahun

"Saya, alhamdulillah bertemu dengan beberapa putri beliau (almarhumah Sujiatmi). Saya tanya apa wasiat sebelum beliau wafat," terang Khofifah, Kamis.

Khofifah mengatakan, sebelum meninggal, almarhumah selesai melaksanakan shalat zuhur sekitar pukul 14.00 WIB menanyakan kepada anaknya apakah sudah masuk waktu shalat ashar.

"Kemarin siang rupanya beliau selesai shalat zuhur jam 2, katanya beliau tanya apa sudah ashar. Karena beliau mau segera shalat ashar," ungkapnya.

Baca Juga: Kabar Baik, Obat Covid-19 Sudah Tersedia, Jokowi Siapkan 2 Jenis Obat ini, Salah Satunya Diproduksi di Indonesia

Selain itu, kata Khofifah, keluarga juga berkumpul dan bahkan sempat foto bersama dengan almarhumah sebelum akhirnya meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara (RST) Slamet Riyadi Solo.

"Saya tanya lagi apa wasiatnya beliau. Yang pertama adalah beliau sampaikan putra-putri beliau melanjutkan silaturahim dengan teman-teman almarhumah. Kemudian yang kedua beliau pesan supaya kalau ada sisa rezeki beliau untuk diwakafkan di masjid," ungkap Khofifah.

Lebih jauh, Khofifah menyampaikan dirinya mengenal sosok Sujiatmi sebelum Presiden Jokowi menjadi presiden.

Baca Juga: Beri Bantuan Khusus Enam Adik Kakak yang Jadi Yatim Piatu dalam Sehari, Jokowi Gunakan Uang Pribadi

Bahkan, kata Khofifah, Sujiatmi tidak pernah melewatkan untuk melaksanakan shalat subuh, maghrib dan isya dengan berjamaah di masjid.

Khofifah juga mengatakan almarhumah semasa hidup rajin menghadiri kegiatan pengajian yang diselenggarakan oleh Muslimat NU dan Aisyiyah.

Artinya, kata Khofifah, almarhumah merupakan sosok pengayom bagi semua umat.

"Suatu saat saya pernah sowan ke dalem beliau di sini beliau masih di masjid dan ketika beliau sampai waktu itu beliau justru bilang 'Mbak Khofifah tolong berdoa'. Ada sifat yang low profile dari seorang Eyang Noto. Saya kira sifat itu juga dimiliki Pak Presiden Jokowi," kenang Khofifah.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Umumkan Kabar Baik Terkait Virus Corona, Berikut Ulasannya

Sebelumnya diberitakan, Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo meninggal dunia di RST Slamet Riyadi Solo pada Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB karena sakit kanker.

Almarhumah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/2020) pukul 13.00 WIB. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Khofifah Ungkap Wasiat Ibunda Jokowi: Minta Sisa Rezeki Diwakafkan di Masjid"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya