Jangan Diabaikan, Beberapa Gejala Stroke Ringan yang Jarang di Sadari, Salah Satunya Mati Rasa pada Salah Satu Sisi Tubuh

Minggu, 08 Maret 2020 | 17:00
YouTube

Gejala stroke ringan, perhatikan pada satu sisi tubuh yang tiba-tiba lemah.

Gridhype.id– Stroke ringanatau yang biasa dikenal sebagai transient ischemic attack (TIA), merupakan stroke singkat yang membaik dengan sendirinya.

Stroke ringan ditandai dengan gejala neurologis yang dapat berkisar dari ringan hingga berat dan mungkin melibatkan gangguan fisik atau fungsi kognitif

Stroke ringan terjadi ketika ada periode sementara di mana ada kekurangan aliran darah ke area otak.

Baca Juga: Istri Chrisye Meninggal Dunia Akibat Stroke, 4 Makanan ini Dikenal Ampuh Untuk Menghindari Penyakit Tersebut

Ini mirip dengan stroke, dengan perbedaannya adalah bahwa stroke ringan membaik karena aliran darah dengan cepat dipulihkan sebelum cedera otak permanen dapat terjadi.

Pada stroke, bagaimanapun, aliran darah tetap terganggu untuk periode waktu yang cukup lama untuk menghasilkan cedera otak permanen.

Istilah medis untuk stroke ringan adalah serangan transien iskemik (TIA) karena merupakan periode singkat iskemia yang menghasilkan gejala neurologis mendadak.

Kekurangan aliran darah disebut iskemia. Karena iskemia merusak fungsi sel-sel otak, seseorang yang mengalami TIA mengembangkan masalah sementara dalam fungsi otak, seperti kesulitan berbicara atau menggerakkan wajah, lengan, atau kaki di satu sisi tubuh mereka.

Baca Juga: NIkmat dan Lezat Disantap Kapan Saja, Ternyata Nasi Goreng BIsa Sangat Berbahaya Bahkan Picu Stroke Jika Dimakan di Waktu Ini

Otak yang sehat membutuhkan pengiriman oksigen dan darah yang kaya nutrisi secara konstan ke masing-masing dari sekitar 100 miliar neuronnya.

Untuk memastikan fungsi otak normal, darah mengalir melalui banyak pembuluh darah ke setiap bagian otak.

Namun, kadang-kadang, pembuluh darah terhambat sementara oleh gumpalan darah atau plak kolesterol, meninggalkan area otak secara singkat kekurangan suplai darah yang cukup.

Kekurangan oksigen dan nutrisi yang dihasilkan di daerah ini dikenal sebagai iskemia.

TIA menyelesaikan sebelum kerusakan permanen dapat terjadi.

Namun, jika aliran darah tidak cepat pulih, maka stroke terjadi karena neuron di daerah iskemik menjadi kekurangan oksigen dan nutrisi dan dengan cepat berhenti berfungsi.

Baca Juga: Jangan Lagi Dibiarkan, Tubuh Akan Beri Sinyal Peringatan ini Saat Stroke Akan Menyerang

Gejala stroke ringan

Gejala-gejala TIA dapat berlangsung dari beberapa menit hingga beberapa jam, tetapi menurut definisi mereka hilang dalam waktu kurang dari 24 jam.

Sebagian besar waktu, stroke ringan itu singkat, hanya berlangsung beberapa detik atau menit.

Hingga sepertiga orang yang mengalami gejala stroke ringan terus mengalami stroke besar.

Sayangnya, banyak orang tidak mencari perhatian medis dan dengan demikian berisiko tinggi mengalami stroke.

Gejala-gejala stroke ringan mulai tiba-tiba dan bervariasi tergantung pada bagian otak yang terpengaruh.

Misalnya, seseorang yang menderita stroke ringan di area otak yang mengontrol gerakan tangan dapat mengalami kesulitan menulis selama beberapa menit atau bahkan beberapa jam.

Seseorang yang mengalami stroke ringan dengan ukuran yang sama di batang otak, area otak yang menjadi pusat keseimbangan gaya berjalan, kontrol suara, dan gerakan mata, mungkin merasa untuk sementara tidak dapat melanjutkan hari-harinya karena vertigo. kesulitan berbicara, atau penglihatan ganda.

Stroke ringan paling terlihat ketika memengaruhi bagian otak yang mengontrol gerakan dan perasaan di wajah, lengan, atau kaki, demikian dilansir dari verywellhealth.

Mereka juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk memahami dan menghasilkan ucapan.

Baca Juga: Jadi Minuman 'Wajib' Tiap Makan di Warung, Para Ahli Bongkar Dampak Negatif Es Teh bagi Kesehatan, Ngerinya Bisa Tingkatkan Resiko Stroke

Berikut adalah daftar gejala stroke ringan paling umum:

- Kelemahan pada wajah, lengan, dan/atau kaki pada satu sisi tubuh

- Mati rasa pada wajah, lengan, dan/atau kaki satu sisi tubuh

- Ketidakmampuan memahami bahasa lisan

- Ketidakmampuan untuk berbicara

- Pusing atau vertigo yang tidak bisa dijelaskan

- Kehilangan penglihatan karena satu mata atau kedua mata

- Penglihatan ganda atau buram

Ada beberapa perbedaan antara stroke dan TIA. Tapi, perbedaan utama adalah bahwa gejala stroke mini / TIA menghilang sepenuhnya dalam waktu 24 jam, sementara stroke meninggalkan gangguan fisik jangka panjang karena kerusakan permanen pada otak.

Baca Juga: Tak Banyak Orang Tahu, Buah Salak Simpan Berbagai Manfaat Luar Biasa, Dapat Cegah Risiko Stroke Hingga Penyakit Kanker

Pengobatan stroke ringan

Sementara stroke ringan membaik, stroke ringan adalah tanda bahwa Anda berisiko terkena stroke.

Itu sebabnya, bahkan jika Anda sudah pulih, penting untuk mencari pertolongan medis segera jika Anda mengalami gejala neurologis.

Kadang-kadang, seseorang dapat mengalami stroke dalam waktu 24 jam dari stroke ringan pertama, dan kadang-kadang beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah stroke ringan pertama.

Masalahnya adalah Anda tidak dapat memprediksi jika dan kapan Anda akan mengalami stroke jika Anda telah mengalami stroke ringan.

Rencana perawatan Anda akan tergantung pada hasil pemeriksaan TIA Anda.

Setelah mendengarkan riwayat medis Anda dan memeriksa Anda dengan seksama, dokter Anda dapat melakukan beberapa tes untuk menentukan apakah Anda memiliki faktor risiko untuk stroke, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyakit darah, kolesterol tinggi atau faktor risiko stroke lainnya.

Perawatan medis Anda akan dirancang untuk menurunkan peluang Anda terkena stroke berdasarkan faktor risiko Anda, dan mungkin termasuk perawatan dengan pengencer darah. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul, Ini Gejala Stroke Ringan yang Jangan Diabaikan, Salah Satunya Mati Rasa pada Salah Satu Sisi Tubuh

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya