Find Us On Social Media :

6 Makanan yang Boleh Dimakan Sehabis Olahraga Menurut Ahlinya

Ilustrasi alpukat

GridHype.ID - Apa diantara kita ada yang merasa lemas dan lapar usai berolahraga?

Biasanya kondisi badan terasa lemas, hal ini terjadi lantaran tubuh mulai mengosongkan bahan bakar yang tersimpan di otot. 

Terlebih olahraga berat seperti memanjat atau berlari yang menekankan serat otot, dan terkadang menyebabkan robekan kecil pada serat individu.

Baca Juga: Sering Digunakan Sehari-hari, Sebaiknya Kurangi Pemakaian Legging, Karena Ada Bahaya yang Mengintai Keseahatanmu

Namun, kita sering mendengar anggapan bahwa makan setelah berolahraga akan menambah kalori, sehingga sia-sia saja kerja olahraga yang kita lakukan. 

Ternyata, apa yang kita makan setelah olahraga mungkin merupakan makanan terpenting bagi kita sepanjang hari.

Karena, apa yang terjadi pada tubuh kita saat berolahraga --seperti bersepeda selama lebih dari satu jam-- akan mulai mengosongkan bahan bakar yang tersimpan di otot.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, ini 6 Posisi Duduk yang Harus Dihindari Agar Kandungan Tetap Aman dan Tidak Membahayakan Sang Bayi

Memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi usai berolahraga akan memulihkan tubuh lebih cepat dan memastikan tubuh kita siap melakukan aktivitas selanjutnya.

"Kombinasi karbohidrat dan protein tidak hanya meningkatkan sintesis glikogen, melainkan juga mengurangi kerusakan otot, mempercepat pemulihan, dan keseimbangan hormon yang sehat," ujar Stevie Smith, ahli diet dan nutrisi serta atlet Ironman.