Lebih Murah dari Salmon, Ikan ini Disebut Seribu Kali Lebih Baik dari Obat Jantung, Wajib Dijoba nih!

Senin, 17 Februari 2020 | 12:05
Kompas.com

Ikan Makarel

Gridhype.id- Ikan salmon terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

Namun tahukah kamu, ternyata ada ikan yang lebih mudah kita temukan di pasar dan jauh lebih murah dari ikan salmon, bahkan punya kandungan omega-3.

Selain salmon, banyak ikan lain yang juga mengandung omega-3.

Baca Juga: Mulan Jameela Dituntut 10 Miliar Karena 'Rebut' Kursi Orang di DPR, Denny Darko Justru Sebut Akan Ada Badai yang Lebih Besar di Kehidupan Istri Ahmad Dhani

Ada ikan tuna, ikan sarden, ikan makarel, haring, trout, dan yang lainnya.

Tapi ada juga ikan yang mudah ditemukan di Indonesia, dan sama-sama mengandung omega-3 yang tinggi seperti ikan-ikan itu.

Ikan yang mudah kita temukan itu adalah ikan kembung.

Ikan kembung sebenarnya bersaudara dengan ikan tenggiri, ikan tuna, dan ikan makarel. Keempat ikan itu termasuk keluarga ikan Scombride.

Baca Juga: Sebelum Stres Karena Beban Kerjaan di Kantor, Coba Siapkan Benda ini di Mejamu, Penelitian Ungkap Hal ini Bisa Kurangi Stres dan Kelelahan

Dalam istilah bahasa Inggris, ikan dalam keluarga Scombride lebih dikenal dengan sebutan ikan makarel.

Di Indonesia, ikan kembung punya banyak nama, ada ikan pelagis, ikan lema, tatare, banyar, dan banyaran.

Ikan kembung yang banyak ditemukan di Indonesia ada tiga jenis, yaitu ikan kembung perempuan (Rastrelliger brachysomaatau), ikan kembung biasa (Rastrelliger faughni), dan ikan kembung lelaki (Rastrelliger kanagurtaatau).

Menurut Ahli Gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Diah M. Utari, ikan kembung mengandung 2,6 gram omega-3.

Baca Juga: Suka Merinding Saat Mendengar Lagu Tertentu, Ternyata Ada Alasan Ilmiah Dibaliknya Loh

Kandungan omega-3 pada ikan kembung itu lebih banyak jika dibandingkan ikan salmon, yang mengandung 1,4 gram omega-3.

Salmon memang mengandung antioksidan yang lebih tinggi. Ini terlihat dari daging ikan salmon yang berbeda dari ikan lain, yaitu kemerahan. Itu merupakan pigmen karotenoid astaxanthin, teman-teman.

Tapi dari segi lemak tak jenuh omega-9 dan omega-3, kandungan ikan kembung lebih baik.

Lalu, apa manfaatnya asupan omega-3 bagi tubuh kita.

Baca Juga: Disebut Sebagai Monser Laut Keturunan Iblis dan Belut, Video Penemuan Hewan Laut ini Jadi Viral di Media Sosial

Asam lemak omega-3 dan omega-9 merupakan lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta bisa menurunkan risiko berbagai penyakit jantung dan peredaran darah (penyakit kardiovaskular).

Asam lemak omega-3 membantu menjaga penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan aliran darah, mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga detak jantung tetap stabil.

Diah juga menjelaskan bahwa ikan kembung mengandung vitamin A dan vitamin D.

Baca Juga: Sepele, Gejala Awal Penyakit Jantung ini Sering Diabaikan, Salah Satunya Sakit Pada Punggung dan Dada

Vitamin A membantu menjaga kesehatan gigi, kerangka dan jaringan lunak, selaput lendir, dan kulit. Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan mata.

Sementara vitamin D membantu proses penyerapan kalsium di tubuh, sehingga tulang kita tetap kuat.

Ikan kembung juga lebih terjangkau dibandingkan ikan salmon.

Kabar baiknya pula, ikan kembung juga bisa menjadi salah satu jenis ikan yang bisa diberikan pada balita hingga orang lanjut usia. (*)

Artikel ini telah tayang di Sajian Sedap dengan judul, Lebih Murah Dari Ikan Salmon, Ikan Ini Seribu Kali Lebih Baik Dari Obat Jantung, Wajib Dicoba!

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Sajian Sedap

Baca Lainnya