Awas! 7 Penyakit Ini Bisa Muncul Akibat Diabetes yang Tak Diobati

Senin, 17 Februari 2020 | 07:03
pixabay/Steve Buissinne

Tujuh penyakit berisiko muncul bila diabetes tidak dikelola dengan baik.

GridHype.ID - Bukan jumlah yang sedikit pengidap penyakit diabetes di Indonesia.

Menurut hasil penelitian Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) dari Kemenkes RI pada tahun 2013, sekitar 12 juta penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun kena diabetes tipe 2.

Belum lagiriset berjudul Diabetes In Asia: Empowering Communities To Lead Healthier Live, menunjukkan sekitar 6,7% atau setara dengan 10,3 juta masyarakat Indonesia menderita diabetes dengan rentang usia 20 - 79 tahun.

Baca Juga: Tak Perlu Rogoh Kocek Mahal Buat Beli Skincare, Coba Rahasia Berikut!

Dari penelitian yang sama juga didapati bahwa 24,4% penduduk Indonesia mengalami kelebihan berat badan, 5,7% tergolong obesitas, dan 22,8% berisiko terkena diabetes karena kurangnya aktivitas fisik.

Sayangnya, sebagian besar dari kita masih beranggapan bahwa diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan saja.

Baca Juga: Raup Keuntungan Rp1,6 Miliar, Dokter yang Dipecat dari PNS Ini Tak Kapok Buka Klinik Aborsi

Padahal, penyakit ini juga bisa terjadi karena pengaruh dari gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini diungkapkan oleh dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI/RSCM.

“Hasil survei FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes, dan 2 dari 3 orang yang terkena diabetes tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/11/2019).

Begitu kita mengidap diabetes, maka tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Hal yang bisa kita lakukan hanyalah menjalankan pola hidup sehat agar gula darah tetap terkontrol.

Baca Juga: Diduga Alami Depresi, Penyebab Meninggalnya Caroline Flack?

Selain agar gula darah tetap terkontrol, menerapkan pola hidup sehat saat menderita diabetes juga sangat penting.

Sebab ada beberapa ancaman penyakit kronis yang biasanya menyertai penderita diabetes. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah daftarnya.

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung dan stroke merupakan salah satu komplikasi paling fatal dari diabetes. Gula darah tinggi menambah timbunan lemak sehingga akan menyumbat jantung dan kemudian mengental.

Baca Juga: Viral! Perempuan Korban Kekerasan di KRL, Begini Kronologinya

Pembuluh darah pun menjadi sempit sehingga darah yang terpompa ke jantung tidak terlalu banyak. Dengan demikian risiko penyakit jantung akan meningkat.

2. Kerusakan saraf

Selain serangan jantung, kerusakan saraf juga dapat terjadi karena diabetes. Sebab pembuluh darah akan ditumpuki lemak.

Jadi, saraf tidak akan mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen. Akibatnya tak jarang penderita diabetes akan mengalami kesemutan sebagai efek dari kerusakan saraf yang terjadi.

Baca Juga: Menyebarnya Virus Corona ke Berbagai Negara Membuat China Mengeluh karena Reaksi yang Berlebihan

3. Gagal ginjal

Setiap jenis masalah ginjal dapat menjadi sinyal pertama dari penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena diabetes akan menghambat kerja dari ginjal untuk menyaring darah.

Apalagi darah yang disaring cukup tinggi akan kandungan gula di dalamnya. Sehingga penyakit gagal ginjal sering menyerang penderita diabetes.

Baca Juga: Gampang Dilakukan Kapanpun dan Dimanapun, Siapa Sangka Rutin Minum Air Putih Hangat Berdampak Besar bagi Tubuh, Bahkan Bisa Meregenerasi Kulitmu Loh!

4. Luka yang sulit sembuh

Luka yang sulit sembuh menjadi masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh penderita diabetes. Sebab tingkat gula darah yang tinggi akan membuat pembuluh darah menyempit dan menghambat sirkulasi darah. Oleh karena itu luka yang terjadi sulit sembuh.

Di sisi lain, diabetes akan membuat saraf mati rasa sehingga kita tidak akan merasakan sakit karena luka.

Baca Juga: Sempat Putus Tahun Lalu, Kini Zayn Malik dan Gigi Hadid Balikan?

5. Penglihatan terganggu

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa diabetes mampu menyebabkan penurunan penglihatan, dan hal ini memang benar.

Sebab diabetes akan mempengaruhi pembuluh darah di retina dan menyebabkan masalah mata yang serius bahkan kebutaan. Di samping itu diabetes akan meningkatkan risiko glukoma atau katarak.

6. Merusak kesehatan kulit

Masalah kulit juga sering menyerang para penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena tingginya gula darah membuat pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit menjadi subur.

Baca Juga: Mahasiswi KKN Ini Malah Dipaksa Menghibur Warga dan Aparat Desa yang Sedang Mabuk

7. Menyebabkan alzheimer

Diabetes juga dapat menempatkan diri kita pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena alzheimer atau gangguan ingatan di otak.

Meskipun belum ada hasil penelitian yang tepat, namun diabetes mampu menyebabkan sel otak menjadi cepat usang.

Menjalani pola makan sehat adalah salah satu kunci utama untuk terhindar dari diabetes. Agar tidak terkena diabetes, kita disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, kalori, dan lemak.

Baca Juga: Mahasiswi KKN Ini Malah Dipaksa Menghibur Warga dan Aparat Desa yang Sedang Mabuk

Untuk mengurangi risiko terkena diabetes, batasi asupan gula harian sebesar 40 gram atau setara dengan 9 sendok teh gula.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran, buah, kacang, dan biji-bijian yang mengandung banyak serat dan karbohidrat kompleks.

Rutin berolahraga memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah tubuh terkena diabetes. Olahraga rutin dapat membantu tubuh menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif, sehingga kadar gula dalam darah dapat lebih terkontrol.

Baca Juga: Hanya Sekelebat Muncul di Film Parasite, Pizza Ini Laris Manis Dibeli Pembeli Hingga Mesin Pembuatnya Rusak

Sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Olahraga jenis apa pun, asalkan dilakukan dengan rutin, bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah diabetes.

Artikel ini telah tayang di Grid Health dengan judul 7 Penyakit Berisiko Muncul Bila Gangguan Diabetes Tidak Dikelola

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya