Ingin Miliki Tubuh Ideal Tanpa Terlalu Banyak Usaha? Siapa Sangka, Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Selama 10 Menit Bisa Jadi Cara Gampang untuk Turunkan Berat Badan

Rabu, 05 Februari 2020 | 11:30
beautyandhealthy

Mau Tubuh Ideal? Berikut 5 Langkah yang Wajib Kamu Lakukan, Gampang Banget!

GridHype.ID - Siapa yang tak ingin memiliki berat badan ideal?

Agaknya hampir semua orang ingin memiliki berat badan ideal.

Tak hanya soal penampilan, berat badan ideal juga identik dengan gaya hidup sehat.

Banyak orang melakukan banyak cara untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baca Juga: Segala Jenis Diet Gagal Turunkan Berat Badan? Fast 800 Jadi Solusi

Namun, mengurangi beberapa kilo tidak harus melibatkan perombakan total dari pola makan dan gaya hidupmu saat ini.

Bahkan, membuat beberapa perubahan kecil pada rutinitas pagi kamu dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Melansir dari Healthline, ada beberapa kebiasaan di pagi hari yang dapat membantumu menurunkan berat badan.

1. Makan sarapan tinggi protein

Ada alasan bagus mengapa sarapan dianggap sebagai makanan terpenting pada hari itu.

Apa yang kamu makan untuk sarapan dapat mengatur perjalanan sepanjang hari.

Ini menentukan apakah kamu akan merasa kenyang dan puas sampai makan siang, atau tetap mengemil di pertengahan hari.

Menu sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi hasrat dan membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian pada 20 remaja putri, makan sarapan tinggi proteinmengurangi keinginan makan setelah makan lebih efektif daripada sarapan protein normal.

Studi kecil lain menunjukkan, makan sarapan tinggi protein dikaitkan dengan lebih sedikit lemakdan mengurangi asupan dan kelaparan setiap hari, dibandingkan dengan sarapan protein normal.

Baca Juga: Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 43 Kg, Wanita ini Hanya Mengandalkan Diet Tahu dan Tempe, Mau Coba?

Protein juga dapat membantu penurunan berat badan dengan menurunkan kadar ghrelin, "hormon lapar" yang bertanggung jawab untuk meningkatkan nafsu makan.

Faktanya, satu penelitian pada 15 pria menemukan, sarapan protein tinggi menekan sekresi ghrelin lebih efektif daripada sarapan tinggi karbohidrat.

Untuk mengawali harimu dengan baik, pertimbangkan sumber protein seperti telur, Greek yogurt, keju cottage, kacang, dan biji chia.

2. Mendapat sinar matahari

Membuka tirai untuk membiarkan sinar matahari masuk atau menghabiskan beberapa menit ekstra di luar setiap pagi dapat membantu memulai penurunan berat badan.

iStock

Berita Kesehatan: Bolehkah Ibu Hamil Berjemur? Begini Penjelasannya

Satu studi kecil menemukan, paparan bahkan tingkat cahaya sedang pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dapat memiliki pengaruh pada berat badan.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan menemukan paparan radiasi ultraviolet membantu menekan kenaikan berat badan pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Beberapa penelitian telah menemukan, memenuhi persyaratan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan.

Baca Juga: Tak Banyak Diketahui Orang, Air Rebusan Ubi Jalar Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Loh!

Dalam sebuah penelitian, 218 wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas mengonsumsi suplemen vitamin D atau plasebo selama satu tahun.

Pada akhir penelitian, mereka yang memenuhi kebutuhan vitamin D kehilangan rata-rata 7 pound (3,2 kg) lebih banyak daripada mereka yang memiliki kadar vitamin D darah yang tidak memadai.

Studi lain mengikuti 4.659 wanita yang lebih tua selama empat tahun, dan menemukan kadar vitamin D yang lebih tinggi dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit.

Jumlah paparan sinar matahari yang kamu butuhkan dapat bervariasi berdasarkan jenis kulitmu, musim dan lokasi kamu tinggal.

Namun, membiarkan di bawah sinar matahari atau duduk di luar selama 10-15 menit setiap pagi dapat memiliki efek menguntungkan pada penurunan berat badan.

3. Minum banyak air

piqsels.com
piqsels.com

Minum air mineral untuk bantu turunkan berat badan.

Memulai pagi Moms dengan satu atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan berat badan.

Air dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi Moms, atau jumlah kalori yang dibakar tubuh, setidaknya selama 60 menit.

Baca Juga: Cukup Hindari 4 Makanan Ini, Seorang Wanita Sukses Turunkan Berat Badan hingga 68 Kg, Penasaran?

Dalam satu studi kecil, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air rata-rata menyebabkan peningkatan metabolisme sebesar 30%.

Studi lain menemukan, wanita yang kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air mereka menjadi lebih dari 34 ons (satu liter) per hari kehilangan 4,4 pound (2 kg) ekstra selama satu tahun, tanpa membuat perubahan lain dalam diet atau olahraga rutin mereka.

Terlebih lagi, air minum dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan pada beberapa individu.

Satu studi pada 24 orang dewasa menunjukkan, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat sarapan sebesar 13%.

Faktanya, sebagian besar penelitian tentang topik ini menunjukkan, minum 34-68 ons (1-2 liter) air per hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Memulai pagi Moms dengan air dan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan sedikit usaha.

Jadi, kapan Moms akan mulai kebiasaan pagi hari yang dapat membantu menurunkan berat badan ini?

(*)

Artikel ini telah tayang di Nakita dengan judul, Selain Sehat, Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi Selama 10 Menit Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan!

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Nakita

Baca Lainnya