Jadi Anggota FBI Termuda dalam Sejarah, Bocah 14 Tahun ini Bongkar Kasus Korupsi Terbesar di Dunia dengan Menjadi Gembong Narkoba

Jumat, 06 Desember 2019 | 11:15
All That Interesting

Richard Weshe Jr seorang pria yang mengungkap skandal korupsi di Detroit.

Gridhype.id-Sebuah film berjudul 'White Boy Rick' sempat menarik perhatian dunia.

Film tersebut menceritakan seorang bocah, yang memiliki peran besar dalam mengungkap kejahatan terselubung di kota Detroit.

Cerita tersebut meungkin terdengar fiktif, namun tahukah kamu jika film tersebut bermula dari kisah nyata seorang bocah bernama Richard Wershe Jr.

Baca Juga: Tak Pernah Turun dari Gunung Sejak 1987, Mayat Pendaki Wanita ini Ditemukan Membeku dan Utuh Setelah 31 Tahun

Seorang bocah yang berhasil menjadi anggota FBI termuda dalam sejarah, dan uniknya ia berhasil mengungkap beberapa kejahatan meskipun akhirnya ia yang disalahkan.

Kisahnya berakhir pada tahun 1988, Richard Wershe Jr ditangkap di rumahnya ketika dia berumur 17 tahun atas tuduhan menjadi pemimpin kartel narkoba.

Meski demikian pada kenyataannya Wershe adalah seorang anggota FBI yang menyamar sebagai agen mata-mata dan ditugaskan untuk masuk kedalam kelompok kriminal di Detroit.

Namun, kisahnya begitu pelik, ia justru ditangkap dan FBI tidak mau membantunya karena Wershe dianggap terlalu berbahaya.

Baca Juga: Karla Jacinto, Korban Perdagangan Manusia yang Mengaku Diperkosa Lebih dari 40 Ribu Kali dan Dipaksa Layani 30 Lelaki Setiap Hari

Pada awalnya Ayahnya Richard Wershe Sr, yang hidup di daerah kumuh di kota Detroit menjadi salah satu penipu dan penjual senjata.

Ketika FBI datang mereka justru tidak menangkapnya, lebih dari itu mereka menawarkan kerja sama untuk menjadi mata-mata dari FBI.

Namun, sang ayah tidak mengetahui segala informasi yang diinginkan FBI, sebagai gantinya anaknya Weshe Jr justru mengetahui segalanya, dan dengan keberanian ia mau menerima tawaran FBI.

Waktu itu Weshe Jr masih berusia 14 tahun ia sudah berhasil menjadi anggota geng ternama di kota Detroit Curry Gang dan menjadi bandar narkoba termuda.

Ia berteman dengan orang-orang berbahaya di Detroit, lalu pada gilirannya, FBI memulai melatih Weshe Jr menjadi seorang gangster dan mata-mata.

Baca Juga: Punya Ladang Panel Surya Terbesar di Dunia, China Justru Akan Hadapi Hal Mengerikan ini Pada 2040 Mendatang dan Belum Ada Solusi Untuk Menyelesaikannya

Sepak terjang Weshe sebagai mata-mata cukup menguntungkan pihak FBI, bahkan mereka menyebutnya teralalu berguna dan melalui bocah tersebut, FBI mendapatkan banyak informasi.

Namun, setelah sekian lama menjadi gangster sekaligus mata-mata, Weshe Jr juga mulai melihat banyak kejanggalan dalam pemerintahan Detroit.

Waktu itu, ia melihat seorang anak laki-laki berusia 13 tahun ditembak, oleh Curry Gang dan Polisi Detroit yang melihatnya tidak melakukan apapun.

Justru kepala Inspektur polisi Gilbert Hill dengan sengaja mengalihkan penyelidikan anggota Curry Gang.

Pemimpin Curry Gang Johny Curry adalah orang berbahaya, yang ternyata terhubung dengan Walikota Detroit, Cathy Volsan.

Baca Juga: Kisah Balita 22 Bulan yang Hilang di Hutan Selama 4 Hari dan Berhasil Selamat, Begini Kondisinya Saat Ditemukan

Sebab keduanya ternyata sama-sama memiliki bisnis yang saling menguntungkan, dan supaya tutup mulut Inspektur PolisiDetroit Gilbert Hill disuap.

Kasus tersebut telah membuat bocah 14 tahun Weshe Jr mengetahui semuanya, ternyata WalikotaDetroit adalah seorang pemimpin yang korup bahkan dilindungi langsung oleh Inspektur Kepolisian Detroit.

Namun FBI sudah mengetahui semuanya, ia tidak berani bertindak lebih jauh untuk urusan tersebut, sebagai gantinya Weshe Jr dengan berani menelusuri kasus tersebut sendirian.

Karena dianggap berbahaya, Weshe Jr sempat menjadi incaran Inspektur Hill, ia menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh bocah tersebut.

Baca Juga: Video Pertemuan Singa dan Tuannya ini Bikin Haru Setelah 7 Tahun Berpisah, ini yang Dilakukan Sang Singa Saat Bertemu dengan Manusia yang 'Mengasuhnya'

Keberanian Weshe telah membuatnya dalam masalah besar, sebagai konsekuensi atas tindakannya, ia dianggap berbahaya dan menjadi incaran sejumlah pihak.

Bahkan FBI yang mengetahui hal ini angkat tangan dan tidak berani memberi perlindungan lebih pada Weshe Jr.

Pada tahun 80-an Weshe Jr yang berusia 17 tahun ditangkap oleh pihak kepolisian dengan tuduhan sebagai pengedar kokain dan anggota gangster.

Dirinya ditangkap dan dijebloskan ke penjara selama 30 tahun lamanya, hingga akhirnya pada tahun 2014, seorang penulisEvan Hughes, mengungkap kebenaran di balik kisah Weshe Jr.

Setelah 30 tahun lamanya, pada 14 Juli 2017, Weshe diberikan kebebasan secara bersyarat.(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judulKisah Nyata Bocah 14 Tahun Ungkap Kasus Korupsi Terbesar Dalam Sejarah dengan Jadi Gembong Narkoba Termuda

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya