Bukan Ditembak, Jaman Dulu Terpidana Hukuman Mati Harus Lalui Eksekusi Penyiksaan yang Keji Hingga Mati

Rabu, 04 Desember 2019 | 12:35
Kolase Grid.ID

4 Cara Eksekusi Mati Kuno yang Dikenal Bengis dan Sangat Menyakitkan

Gridhype.id– Hukuman mati biasanyadilakukan dengan cara menembak mati terpidana, namun berbeda dengan saat ini jaman dulu terpidana akan melalui eksekusi keji untuk menjalani hukuman mati.

Hukum memang sudah ada sejak jaman dahulu yang disebut dengan hukum kuno.

Hukuman pada jaman dahulu biasanya dimaksudkan hanya untuk mempermalukan yang bersalah dan memberikan efek jera.

Namun sebagian besar contoh hukuman kuno berikut justru mengerikan dan cenderung mematikan setelah sebelumnya dilakukan dengan penyiksaan terlebih dahulu.

Beberapa cara eksekusi ini mungkin akan membuat kita merasa bersyukur hidup di zaman sekarang:

Baca Juga: Tsutomo Miyazaki, Psikopat Terkejam Sepanjang Sejarah Jepang, Tiduri dan Mutilasi Mayat Korbannya Secara keji

  1. Brazen Bull
Public Domain via Ancient Origins
Public Domain via Ancient Origins

Brazen Bull

Brazen Bull adalah jenis penyiksaan dan perangkat eksekusi Yunani kuno.

Ceritanya terhubung dengan Phalaris, tiran Acragas dan pencipta penemuan Perillos, seorang pekerja perunggu Attic.

Seperti namanya, Brazen Bull adalah objek perunggu dalam bentuk banteng.

'Hewan' metalik ini berongga di bagian dalam dan memiliki pintu di sisi tubuhnya sehingga seseorang dapat ditempatkan di dalam banteng itu.

Setelah korban dikunci di Brazen Bull, api akan dinyalakan di bawah perutnya dan akan memanaskan alat eksekusi itu, mengubahnya menjadi oven dan memanggang korban di dalamnya.

Baca Juga: Telur Rebus dengan Kuning Telur yang Kehijauan Berbahaya Jika Dikonsumsi, Benarkah?

Aspek yang paling mengerikan dari perangkat tersebut adalah bahwa itu berfungsi sebagai semacam alat musik untuk 'hiburan' para penonton.

Saat logam yang dipanaskan membakar daging korban, dia akan berteriak kesakitan.

Jeritan-jeritan ini disalurkan ke pipa-pipa suara kecil yang terhubung ke lubang hidung banteng, yang menghasilkan suara melolong.

Dalam catatan Diodorus, Perillos diklaim telah mengatakan kepada tiran itu, "Tangisan kesakitannya akan memberimu kesenangan ketika mereka datang melalui pipa di lubang hidung."

Diodorus menulis bahwa Perillos membawa Brazen Bull ke Phalaris sebagai hadiah karena Phalaris dikenal di dunia kuno karena kekejamannya.

Namun, penulis kuno menyatakan "Ketika Phalaris mengetahui skema ini, ia dipenuhi dengan kebencian terhadap pria itu", dan memutuskan untuk membiarkan Perillos 'mencicipi' obatnya sendiri.

Dia meminta penemu mendemonstrasikan cara kerja banteng perunggu itu.

Perillos merayap masuk ke Brazen Bull dan Phalaris menutup pintu lalu menyalakan api di bawahnya.

Perillos tidak mati dalam alat penemuannya, sebaliknya, ia dibawa keluar dalam keadaan 'setengah mati' dan dilempar ke tebing. Ini dilakukan agar kematiannya tidak mencemari karya berbahan perunggu tersebut.

Baca Juga: 60 Pria Asing Keluar Masuk ke Rumah Wanita yang Tinggal Sendirian Selama 10 Tahun, Alasan Dibaliknya Sungguh Haru

  1. Gunga Rao
Public Domain via Ancient Origins
Public Domain via Ancient Origins

Gunga Rao

Gajah telah memainkan sejumlah peran penting dalam sejarah manusia. Dalam beberapa budaya, gajah adalah makhluk yang dihormati, tetapi dalam budaya lain mereka telah digunakan sebagai algojo. Bentuk hukuman mati ini brutal dan menakutkan.

Metode hukuman ini kadang-kadang digunakan di dunia Barat, tapi lebih umum di Asia Selatan dan Tenggara, terutama di India.

Bentuk hukuman mati ini dikenal juga sebagai gunga rao dan telah digunakan sejak Abad Pertengahan hingga abad ke-19.

Cara paling umum dar metode ini adalah gajah digunakan untuk menghancurkan korbannya sampai mati dengan kekerasan.

Selain tentara musuh, warga sipil yang melakukan kejahatan tertentu - seperti pencurian, penggelapan pajak dan pemberontakan juga bisa dihukum dengan cara ini.

Gajah dianggap cerdas dan mudah dilatih dibandingkan dengan banyak binatang liar lainnya. Mereka bahkan bisa diajari untuk menyiksa penjahat, atau mengeksekusi mereka dengan lambat.

Sebagai contoh, seekor gajah bisa diperintahkan untuk mematahkan anggota badan penjahat sebelum menghancurkan tengkoraknya. Beberapa gajah juga dilatih untuk memotong penjahat berkeping-keping dengan "bilah runcing yang dipasang pada gadingnya".

Di bekas Kerajaan Siam (sekarang Thailand), gajah dilatih untuk melemparkan korbannya ke udara sebelum menghancurkan mereka sampai mati.

Di Kerajaan Cochinchina (Vietnam selatan), para penjahat diikat ke tiang dan seekor gajah akan menerjang mereka dan menghancurkan mereka sampai mati.

Baca Juga: 60 Pria Asing Keluar Masuk ke Rumah Wanita yang Tinggal Sendirian Selama 10 Tahun, Alasan Dibaliknya Sungguh Haru

  1. Iron Maiden
Public Domain via Ancient Origins
Public Domain via Ancient Origins

Iron Maiden

Iron maiden atau 'gadis besi' adalah alat penyiksaan yang diyakini banyak digunakan di Eropa selama Abad Pertengahan.

Alat terkenal ini juga dikenal sebagai Virgin/Perawan (referensi untuk Perawan Maria), dan Jungfer (Jerman untuk perawan tua).

Gadis besi adalah kotak berukuran manusia yang sarat dengan besi runcing di bagian dalam.

Seorang korban akan dipaksa masuk ke dalam gadis besi dan akan ditusuk oleh paku-paku ketika perangkat penyiksaan ditutup.

Meskipun iron maiden umumnya dikaitkan dengan Abad Pertengahan, tidak ada laporan penggunaan pada saat itu, namun perangkat penyiksaan yang mirip dengan iron maiden telah dijelaskan dalam teks yang ditulis sebelum periode ini.

Sebagai contoh, Santo Agustinus dari Hippo menulis kisah tentang Marcus Atilius Regulus, seorang jenderal Romawi yang disiksa sampai mati oleh para Carthaginians dengan cara dikunci dalam sebuah kotak dengan paku di dalamnya.

Paku-pakunya tidak menembus jendral kecuali jika dia tertidur, jadi Regulus tetap terjaga tetapi akhirnya meninggal karena kurang tidur.

Laporan paling awal yang dimiliki tentang gadis besi berasal dari abad ke-18 dan ditulis oleh seorang sejarawan yang mengklaim bahwa seorang penjahat dieksekusi menggunakan seorang gadis besi pada tahun 1515.

Namun, banyak sarjana percaya bahwa cerita ini diciptakan oleh sejarawan atau salah tafsir tentang perangkat hukuman abad pertengahan yang dikenal sebagai Schandmantel (bahasa Jerman untuk 'lambang rasa malu'), yang dikenakan oleh pelacur dan pemburu Jerman untuk penghinaan publik.

Meskipun mirip dengan gadis besi, Schandmantel tidak memiliki paku di dalamnya.

Namun demikian, laporan abad ke-18 dari perangkat mengerikan ini menginspirasi orang untuk menciptakan gadis-gadis besi dan pada awal abad ke-19, gadis-gadis besi diciptakan dan ditampilkan di seluruh Eropa.

Dan sementara perangkat yang diduga sebagai abad penyiksaan ini sedang dibuat, lebih banyak cerita horor mulai melekat pada mereka.

Satu cerita menyatakan bahwa alat itu digunakan selama Inkuisisi dan kepala Perawan adalah simbol kemenangan Gereja Katolik atas bidat. Cerita lain mengklaim bahwa gadis besi digunakan pada awal abad ke-12.

Saat ini, gadis-gadis besi ditampilkan di museum-museum di seluruh dunia, meskipun spesimen-spesimen ini kemungkinan besar dibuat pada abad ke-19.

Baca Juga: Derita Epilepsi dan Terjatuh di Kandang Babi, Perempuan ini Tewas Dimakan Hidup-Hidup Oleh Babi Peliharaannya Sendiri

  1. Persidangan dengan percobaan
Public Domain via Ancient Origins
Public Domain via Ancient Origins

Persidangan dengan percobaan

Persidangan melalui cobaan melibatkan tersangka melakukan sesuatu yang berbahaya atau bahkan mengancam jiwa.

Jika terdakwa selamat, dia (biasanya) dinyatakan tidak bersalah. Jika bersalah, orang tersebut akan binasa. Tujuannya adalah untuk membiarkan putusan tersangka berada di tangan pasukan yang lebih tinggi.

Dalam masyarakat Eropa selama Abad Pertengahan, konsep yang dikenal sebagai iudicium Dei (yang berarti 'penghakiman Allah') adalah dasar untuk ini.

Diyakini bahwa Tuhan akan campur tangan dan melindungi orang yang tidak bersalah selama persidangan dengan cobaan atau menghukum yang bersalah.

Cobaan demi cobaan dijelaskan dalam Ramayana, epik Hindu, dan Kitab Bilangan dalam Perjanjian Lama.

Dalam yang terakhir, pengadilan melalui cobaan untuk wanita yang dituduh berzina ditentukan oleh Tuhan kepada Musa.

The Babylonian Code of Hammurabi juga memberikan bentuk persidangan dengan cobaan bagi seorang wanita yang dituduh melakukan zina dan mengatakan ia harus melompat ke sungai.

Jika dia tenggelam dia akan dinyatakan bersalah, jika dia lolos dan keluar dari sungai tanpa luka, dia tidak bersalah dan penuduh akan dieksekusi.

Baca Juga: Pertahankan! 5 Zodiak ini Bawa Keberuntungan Untuk Pasangannya loh, Kamu Termasuk?

'Percobaan melalui air,' alias 'tes renang,' paling terkenal digunakan untuk mengadili para penyihir selama abad ke-17.

Seorang yang dituduh sebagai penyihir akan diseret ke badan air terdekat, dilucuti hingga pakaian dalam mereka, diikat, dan dilemparkan ke dalam air untuk melihat apakah mereka akan tenggelam atau mengambang.

'Logikanya' adalah bahwa sejak penyihir menolak sakramen Pembaptisan, air akan menolak tubuh mereka, menyebabkan mereka melayang.

Di sisi lain, jika seseorang tenggelam, maka kepolosan mereka terbukti. Terdakwa biasanya memiliki tali yang diikatkan di pinggang mereka sehingga mereka dapat ditarik ke atas jika mereka tenggelam.

Contoh lain dari persidangan melalui cobaan adalah 'persidangan oleh Perjamuan Suci (Ekaristi Kudus)', diperuntukkan bagi para pendeta yang dituduh melakukan kejahatan atau sumpah palsu.

Dalam persidangan ini, tertuduh akan pergi ke depan altar dan berdoa dengan suara keras bahwa Tuhan akan mencekiknya jika ia berbohong.

Dia kemudian akan mengambil Roti Suci. Diyakini bahwa jika pendeta itu bersalah, ia akan tersedak atau kesulitan menelan. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul,“4 Metode Eksekusi Kuno Disertai Penyiksaan Berikut Mungkin Bisa Membuat Anda Bersyukur Hidup di Zaman Sekarang”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya