Follow Us

Kasus Covid-19 Melandai, Wamenkes Sebut Kemungkinan Adanya Vaksinasi Dosis Keempat

Puspita Rahayu - Jumat, 20 Mei 2022 | 06:00
vaksin
Freepik

vaksin

Gridhype.id- Vaksin Covid-19 saat ini masih digencarkan untuk menciptakan kekebalan tubuh masyarakat terhadap virus corona.

Tak hanya dosis kedua dan ketiga, siapa sangka ada wacana untuk pemberian vaksin dosis keempat.

Sejumlah negara produsen vaksin mulai gencar memberikan penawaran soal vaksin covid-19 dosis keempat.

Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah memberikan izin untuk suntikan vaksin tersebut.

Adapun sasaran dari vaksin dosis keempat adalah orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun dan mereka yang memiliki gangguan kekebalan.

Meskipun demikian, pro dan kontra tentu mewarnai rencana pengadaan vaksin keempat covid-19 ini.

Pusat Pendendalian dan Pencegahan Penyakit AS merasa kurang percaya terhadap manfaat pemberian dosis keempat bagi orang-orang yang sehat.

Dibalik polemik tersebut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini belum memberikan pernyataan khusus terkait penerapan vaksinasi covid-19 dosis keempat.

Pasalnya, belum ada jaminan yang cukup memadai terkait manfaat yang akan diperoleh masyarakat pasca vaksin dosis keempat.

Dilansir dari gridhealth.id, sebuah penelitian di Israel menemukan fakta bahwa dosis keempat mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit yang cukup serius.

Baca Juga: Usai Jalani Metode Cuci Otak oleh dr. Terawan, Begini Kondisi Komedian Tukul Arwana yang akan Mendapat Suntikan Vaksin Nusantara

Meski demikian, pemberian dosis keempat dianggap kurang memberikan dampak yang signifikan oleh Profesor Kedokteral Paul Geopfert.

Source : Gridhealth

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest