Follow Us

Nia Dinata Dukung Pahlawan Keluarga Lewat Film Pendek yang Menginspirasi Masyarakat

Nailul Iffah - Kamis, 24 Februari 2022 | 09:15
Nia Dinata
instagram @ibunia

Nia Dinata

GridHype.ID - Di dalam keluarga biasanya masing-masing orang turut memberikan inspirasi agar menjadi kuat dan lebih maju.

Sehingga keluarga merupakan pionir utama dalam kemajuan suatu bangsa. Tak heran, banyak sosok inspiratif pahlawan kemajuan keluarga sering kita lihat di sekitar lingkungan tempat tinggal. Mereka yang dengan upayanya, mampu mengatasi berbagai tantangan dan keterbatasan, demi mencapai kemajuan yang diinginkan. Orang-orang yang melakukan kebaikan dan menjadi pahlawan bagi orang banyak juga layak disebut pahlawan, tanpa harus mengangkat senjata untuk berperang. Dalam rangka menandai 100 tahun perjalanan PT. Frisian Flag di Indonesia, perusahaan itu meluncurkan kampanye bertajuk "Pahlawan Kemajuan Keluarga Indonesia". Andrew F. Saputro, corporate affairs directorFrisian Flag Indonesia menjelaskan maksud diadakannya kampanye ini. "Kemajuan sebuah bangsa tak bisa lepas dari peran penting keluarga sebagai unit terkecil dalam struktur masyarakat kita," ujar Andrew dalam konferensi pers virtual pada Selasa (22/2/2022) siang. "Kampanye Pahlawan Kemajuan Keluarga Indonesia adalah bentuk apresiasi kami terhadap sosok-sosok yang mampu menguatkan, menggerakkan, dan menginspirasi keluarga dan lingkungan sekitar."

Baca Juga: 'Ngurus Anak Nggak Ada Sekolahnya' Ashanty Ungkap Kondisi Terkini Aurel Hermansyah Usai Resmi Sandang Status Sebagai Seorang Ibu

Kampanye yang digagas Frisian Flag bekerja sama dengan Kick Andy ini akan mengumpulkan sosok Pahlawan Kemajuan Keluarga dari seluruh penjuru Tanah Air. Setiap orang bisa mencalonkan diri atau mencalonkan orang lain yang sudah berkontribusi nyata untuk kemajuan keluarga, serta memberi dampak pada lingkungannya. Adapun dalam peluncuran kampanye "Pahlawan Kemajuan Keluarga Indonesia", Frisian Flag menghadirkan ketiga sosok berdasarkan tiga pilar. Pertama, pada Pahlawan Kemajuan Keluarga Pilar Sehat Ponijo. Ia merupakan penyandang disabilitas yang berjuang memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan anak-anak yang membutuhkan di sekitar tempat tinggalnya. Dari berjualan koran dan kanebo dengan pendapatan sekitar Rp 150.000 per hari, Ponijo memiliki impian yang begitu mulia. "Anak-anak juga butuh nutrisi demi perkembangan, biar sehat, biar gak seperti bapak dulu," sebut Ponijo dalam acara itu. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 200 anak yang mendapatkan uluran tangan dari Ponijo. Kemudian, ada peternak wanita inspiratif dan Pahlawan Kemajuan Keluarga Pilar Sejahtera, Mita Kopiyah.

Baca Juga: Tak Perlu Obat Kimia yang Punya Efek Samping, Kamu Hanya Perlu Buah Pisang Bisa Redakan Demam Tinggi

"Pada tahun 2005, saya bercita-cita ingin mengubah perekonomian keluarga saya," ujarnya. "Waktu itu harga sapi perah sangat mahal dan tidak mampu beli." "Akhirnya saya dan suami berinisiatif memelihara sapi orang dengan sistem bagi hasil. Ini awalnya kami memutuskan untuk jadi peternak sapi," imbuh Mita. Seiring berjalannya waktu, upaya Mita dan sang suami tidak sia-sia. "Dari tahun 2005 sampai sekarang, kita punya 20 ekor sapi sudah milik sendiri, bukan memelihara sapi orang lagi," tuturnya. Sosok berikutnya adalah petani inspiratifdan Pahlawan Kemajuan Keluarga Pilar Selaras, Musodikun. Melalui perannya sebagai peternak dan petani, Musodikun turut ambil bagian dalam menciptakan keselarasan lingkungan lewat pengelolaan limbah kotoran ternak, yang didayagunakan menjadi pupuk organik.

Selain memberikan peluang ekonomi baru, Musodikun juga mengatasi permasalahan lingkungan di tempat tinggalnya. Semangat Musodikun ini lantas mendorong orang-orang di sekitarnya untuk melakukan aksi serupa.

Baca Juga: Vicky Prasetyo Tuding Kalina Ocktaranny Main Serong Ketika Jadi Istrinya, Bukti Chat Mesra WA Ungkap Hal Mengejutkan ini

"Setiap orang dengan porsi dan perannya masing-masing dapat menjadi pahlawan yang mampu menguatkan dan menggerakkan diri, keluarga dan masyarakat di sekitarnya menuju tujuan yang diharapkan," jelas Andrew. Inspirasi sosok pahlawan kemajuan keluarga juga disebarkan Frisian Flag melalui film pendek yang terinspirasi dari perjuangan peternak sapi perah di Indonesia. Dalam proses pembuatan film pendek tersebut, perusahaan penyedia susu itu menggandeng sutradara wanita Indonesia, Nia Dinata.

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan kampanye Pahlawan Kemajuan Keluarga Indonesia
Dok. Frisian Flag Indonesia

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan kampanye Pahlawan Kemajuan Keluarga Indonesia

"Kami ingin terus hadir mendampingi keluarga Indonesia sampai 100 tahun yang akan datang," lanjut Andrew. "Tentunya dengan berbagai macam inovasi dan kolaborasi, sehingga kami bisa memberikan dampak kebaikan yang lebih luas bagi masyarakat di Tanah Air." "Kami harap melalui kampanye ini, setiap orang dapat menjadi pahlawan kemajuan untuk diri sendiri, keluarga, dan bangsa yang kita cintai bersama," imbuhnya.

Baca Juga: Posisi 3 Tanaman Hias di Depan Rumah ini Menurut Ilmu Fengshui Dipercaya Bakal Undang Keberuntungan dan Kekayaan, Apa Saja?

Editor : Hype

Latest