Follow Us

Emak-emak Satu Indonesia Wajib Tahu, Ternyata Begini Cara Menyimpan Santan agar Awet sampai Berbulan-bulan

Helna Estalansa - Minggu, 28 November 2021 | 16:15
Ilustrasi santan
Freepik.com/jcomp

Ilustrasi santan

GridHype.ID - Bagi kamu yang hobi memasak, pasti tak jarang dari kalian yang menggunakan santan sebagai bahan makanan bukan?

Yap, santan kerap digunakan di beberapa masakan nusantara.

Jadi tak heran bila santan kerap dibutuhkan di bidang kuliner ya.

Melansir dari Wikipedia, santan adalah cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring.

Wujudnya yang tidak tembus cahaya dan rasanya yang kaya disebabkan oleh kandungan minyak, bagian terbesarnya adalah lemak jenuh.

Santan kelapa adalah bahan makanan yang merakyat di Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.

Santan memiliki rasa lemak yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk membuat masakan menjadi gurih.

Santan kelapa mengandung tiga nutrisi utama, yaitu lemak sebesar 33.80%, protein sebesar 6.10%, serta karbohidrat sebesar 5.60%.

Sementara itu, perbedaan santan kelapa berbeda dengan air kelapa dapat dilihat dari tingkat kekentalannya dan tampilannya yang menyerupai susu.

Tidak seperti air kelapa, yang merupakan air yang dijumpai langsung di dalam buah kelapa, santan kelapa adalah hasil dari pemerasan daging kelapa yang telah diparut.

Baca Juga: Bikin Bolak-balik ke Rumah Sakit, Mulai Sekarang Jangan Masak Santan dengan Cara Seperti Ini, Waspada Bahayanya Siap Mengancam Seisi Rumah

Meski kerap digunakan sebagai bahan masakan, ada sedikit kendala ketika menggunakan santan segar hasil perasan daging kelapa yang diparut.

Source : wikipedia, sajiansedap.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest