Follow Us

Dunia Lagi Dibayang-bayangi Merebaknya Varian Baru B.1.152 9 Omincron yang 500 Persen Kecepatan Lebih Menular Ketimbang Virus Aslinya

Nabila Nurul Chasanati - Minggu, 28 November 2021 | 10:00
Varian baru virus COVID-19 Botswana terdeteksi oleh WHO.
freepik

Varian baru virus COVID-19 Botswana terdeteksi oleh WHO.

GridHype.ID - Jelang akhir tahun, dunia tengah dibayang-bayangi varian baru virus corona.

Varian virus corona baru B.1.1.529 atau Omicron ini berasal dari Afrika Selatan.

Tak hanya masyarakat dunia yang dibuat ketar-ketir, Indonesia sendiri juga tengah mewaspadai lonjakan kasus virus corona.

Mengutip dari Kompas Tv dari The The Guardian, Jumat (26/11/2021), kemunculan varian Omicron pertama kali dihubungkan dengan Provinsi Gauteng, Afrika Selatan.

Kendati demikian, menurut hasil penelusuran terhadap sampel awalnya, varian Omicron disinyalir berasal dari Boswana sejak 11 November kemarin.

Para ilmuwan mengatakan, munculnya varian Omicron kemungkinan besar bermula dari infeksi kronis yang dialami oleh orang dengan kekebalan tubuh terganggu, seperti penderita HIV/AIDS.

Sementara itu untuk kecepatan mutasinya, varian Omicron terbilang cukup besar karena setara dengan dua kali lipat dari varian Delta.

Sehingga hal tersebut dapat menjadi ancaman ke depannya karena vaksin Covid-19 yang beredar selama ini mengacu pada virus corona asli.

Seorang ahli dari Afrika Selatan pun menjelaskan, beberapa mutasi dari varian Omicron dapat menyebabkan resistensi terhadap antibodi penetralisir dan peningkatan penularan.

Baca Juga: Dunia Sudah Dibuat Geger Munculnya Covid-19, China Temukan Ada 18 Hewan Pembawa Jenis Virus Baru 'Beresiko Tinggi' Bahayakan Umat Manusia

Dikutip dari Kompas.com, Epidemiolog dari Griffifth University Australia, Dicky Budiman mengatakan, varian baru Omicron disebut 500 persen lebih menular daripada virus corona asli, SARS-CoV-2 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China 2019 lalu.

"Kalau diibaratakan varian delta (yang sempat merebak beberapa waktu lalu) yang 100 persen kecepatannya lebih cepat menular daripada virus liar di Wuhan, ini kemungkinannya (varian baru) Omicron bisa sampai 500 persen atau 5 kalinya kecepatan penularannya," jelas Dicky kepada Kompas.com, Sabtu (27/11/2021).

Source : KompasTV, Kompas.com

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Baca Lainnya

Latest