Follow Us

Kamu Pasti Nyesel karena Baru Tahu Sekarang, Siapa Sangka Air Rebusan Biji Pepaya Ternyata Menyimpan Segudang Khasiat yang Luar Biasa

Helna Estalansa - Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:15
Biji pepaya
Freepik.com

Biji pepaya

GridHype.ID - Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang paling populer di dunia.

Sebab, buah ini memiliki rasa yang manis dan memiliki kandungan nustrisi yang cukup baik.

Buah yang dimaksud yaitu pepaya.

Ya, buah yang satu ini memang diminati banyak orang.

Dalam satu buah pepaya sendiri memiliki vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, buah pepaya juga memiliki serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium.

Namun siapa sangka, tak hanya daging buahnya saja yang berkhasiat, biji pepaya ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari studi berjudul “Antioxidant activity of papaya seed extracts” via Kompas.com, biji buah pepaya mengandung dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan kesehatan, yakni polifenol dan flavonoid.

Dua antioksidan ini berguna untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit untuk mencegah stres oksidatif dan menangkal penyakit kronis.

Selain itu, penelitian lain berjudul “Properties of Carica Papaya L. (Papaya) Seed Oil Following Extractions Using Solvent and Aqueous Enzymatic Methods” menjelaskan bahwa biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat.

Baca Juga: Pasti Nyesel karena Baru Tahu Sekarang, Buah Murah Meriah Ini Ternyata Ampuh Atasi Asam Lambung yang Naik

Pada penelitian terhadap penderita diabetes tipe 2 berjudul “High-monounsaturated-fat diets for patients with diabetes mellitus: a meta-analysis” diterangkan bahwa diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol very-low density lipoprotein (VLDL) masing-masing sebesar 19 persen dan 22 persen.

Source : Kompas.com, sajiansedap.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest