Follow Us

Amerika Serikat hingga India Sudah Alami Dampak Buruknya, Ahli Prediksi Indonesia Akan Alami Gelombang Ketiga Covid-19 Pada Desmeber 2021 Mendatang

Ngesti Sekar Dewi - Senin, 20 September 2021 | 18:00
Indonesia diapresiasi dunia terkait Covid-19
Kompas.com

Indonesia diapresiasi dunia terkait Covid-19

GridHype.id- Beberapa waktu lalu Indonesia berhasilkeluar dari daftar 10 negara dengan kasus kematian Covid-19 tertinggi di dunia.

Berdasarkan laporan dari laman Worldmeters, saat ini Amerika Serikat menjadi negara dengan total kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Sementara Indonesia berada di urutan ke-13 dengan total kasus Covid-19 mencapai 4.190.763 kasus.

Meski demikian, para ahli meminta agar masyarakat tetap waspada mengenai kemungkinan gelombang ketiga yang diprediksi terjadi pada akhir tahun nanti.

Dilansir dari Tribunstyle.com, Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengingatkan agar Indonesia tetap waspada.

Prof Wiku menjelaskan jika gelombang pandemi di dunia sudah terjadi sebanyak tiga kali.

Salah satu negara yang tercatat telah mengalami gelombang ketiga ini yakni Amerika Serikat, India dan berbabgai negara di Eropa.

"Kita harus waspada dan tetap disiplin protokol kesehatan agar kita tidak third wave atau lonjakan ketiga dalam beberapa bulan ke depan," kata Wiku dalam konferensi pers, pada Selasa (14/9/2021) lalu.

Baca Juga: Bisa Turunkan Efektivitas Vaksin dan Imun Tubuh, Covid-19 Varian MU Terdeteksi di 48 Negara ini, Indonesia Termasuk?

Puncak gelombang pertama terjadi pada Januari 2021, puncak kedua pada April 2021, dan Agustus-September sebagai puncak gelombang ketiga.

"Lonjakan kedua di Indonesia pada Juli lalu tidak diikuti dengan lonjakan kasus dunia," kata Wiku.

Untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga dan munculnya varian baru covid-19, semua pihak diminta untuk waspada dan tetap disiplin protokol kesehatan, serta melakukan percepatan vaksinasi, sehingga terbentuk kekebalan komunitas.

Source : Kompas.com, Tribunstyle

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest