Follow Us

Bansos Tunai Rp 600 Ribu Cair di Kantor Pos, Penerima BST Diminta Datang Tepat Waktu dan Bawa Dokumen Penting Ini, Jangan Sampai Tertinggal

Dwi Purworahayu - Rabu, 28 Juli 2021 | 13:15
Ilustrasi uang bansos
Tribunnews.com

Ilustrasi uang bansos

GridHype.ID - Hingga kini, pemerintah masih mengucurkan dana untuk bantuan sosial (bansos) yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan setidaknya ada tiga bansos, yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Melansir Kompas.com, ketiga bansos tersebut memiliki target penyaluran per bulan, yaitu BTS dengan target 10 juta penerima, BPNT sebanyak 18,8 juta penerima dan PKH sebanyak 10 juta penerima.

Untuk besaran BST yang akan diberikan adalah senilai Rp 300.000 per bulan, dan akan disalurkan kepada warga di setiap awal bulan melalui kantor pos.

Namun, penerima BST Juli 2021 akan mendapatkan bantuan dua bulan sekaligus untuk periode Mei-Juni 2021. Sehingga, penerima BST akan mendapatkan bansos tunai sebesar Rp 600 ribu.

Sementara, untuk BPNT dan PKH, akan disalurkan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Bansos PKH, yakni bansos yang besaran bantuannya berbeda nilainya karena bergantung dengan komposisi anggota keluarga KPM.

Untuk BPNT, dari yang semula menjangkau 15,93 juta keluarga penerima manfaat (KPM), ditingkatkan jangkauannya untuk 18,8 juta KPM dengan indeks Rp 200.000 per bulan.

Lantas, bagaimana cara mengecek bansos tersebut?

Baca Juga: Masuk Tahun Ajaran Baru, Pemerintah Kembali Bagikan Kuota Internet Gratis untuk Pelajar dan Tenaga Pendidik, Segini Besarannya

Cara Cek Penerima Bansos Tunai

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest