Follow Us

Tetap Terus Aktif Berkarya, Penyintas Kanker Payudara Perlu Tetap Produktif Bekerja, Ternyata Ada Alasanya

Ruhil Yumna - Selasa, 27 Juli 2021 | 17:45
Ilustrasi produktif selama berada di rumah
Dok. Shutterstock

Ilustrasi produktif selama berada di rumah

GridHype.ID - Siapa sangka terus produktif dna berkarya menjadi salah satu terapi psikis yang perlu dijalani oleh kanker payudara.

Pasalnya dengan kembali berkarya, penyintas kanker payudara bisa menumbuhkan perasaan berharga dan merasa normal kembali.

Nah, mengembalikan rasa normal adalah salah satu cara mengembalikan rasa percaya diri dan ini akan menjaga kualitas hidup penyintas kanker payudara.

Dr. Walta Gautama, Sp.B(K)Onk, Ahli Bedah Onkologi menjelaskan, “Penyintas kanker payudara sebaiknya tidak berhenti berkarya.

Dalam artian kembali bekerja, kembali aktif dalam kegiatan sehari-hari sebagai salah satu cara untuk mengembalikan ‘kenormalan’ yang hilang setelah diagnosis dan terapi kanker.

Jangan jadikan pandemi sebagai penghambat, dengan tetap melakukan upaya pencegahan dan patuh pada protokol kesehatan, penyintas kanker payudara tetap bisa berkarya”, katanya dalam acara webinar diskusi media bertajuk “Haruskah Penyintas Kanker Payudara Berhenti Berkarya?”, yang diselenggarakan Pfizer Indonesia (17/12/2020).

Lebih lanjut Dr. Walta menjelaskan persiapan yang perlu diperhatikan oleh penyintas kanker payudara sebelum kembali aktif bekerja dan berkarya, sarannya adalah sebagai berikut;

Baca Juga: 8 Penyebab Nyeri Payudara Sebelah Kiri yang Kerap Dialami oleh Wanita, Tak Melulu Kanker Payudara loh

1. Seperti memperhatikan hasil kesehatan fisik

2. Melakukan program rehabilitasi fisik tertentu jika diperlukan

3. Menyesuaikan gaya hidup baru dengan memperhatikan hal-hal yang perlu disiapkan selama proses kembali berkarya

Source : Gridhealth

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest