Follow Us

20 Tahun Sukses Akali Hukum dan Tinggal Gratis di Rumah Orang, Simak Kasus Penghuni Liar Asal Amerika Serikat Ini

Ruhil Yumna - Jumat, 07 Mei 2021 | 13:45
Guramrit Hanspal penghuni liar rumah yang membelinya pada 1998, tapi hanya membayar satu kali pembayaran hipotek dan tidak pernah berhasil digusur.
(BRIGITTE STELZER via DAILY MAIL)

Guramrit Hanspal penghuni liar rumah yang membelinya pada 1998, tapi hanya membayar satu kali pembayaran hipotek dan tidak pernah berhasil digusur.

GridHype.ID - Pria ini berhasil puluhan tahun lolos dari hukum.

Diketahui pria asal Amerika Serikat (AS) memanfaatkan celah hukum pengadilan, sehingga menjadi penghuni liar rumah yang bukan miliknya selama 23 tahun secara gratis.

Adalah Guramrit Hanspal, ia dilaporkan hanya pernah mengangsur pembayaran hipotek satu kali, sebesar 1.602 dollar AS (RP 23 juta) sebelum gagal bayar.

Rumah seluas 2.081 kaki persegi itu sejatinya dia “beli” seharga 290.000 dollar AS (Rp 4,2 miliar) pada 1998.

Baca Juga: Cuma Modal Garam hingga Plastik, Ini Nih Cara Gampang untuk Usir Lalat dari Dalam Rumah

Untuk menghindari penggusuran dari rumah di East Meadow - Long Island tersebut, pria 52 tahun itu telah mengajukan empat tuntutan hukum dan mengklaim bangkrut tujuh kali.

Sejauh ini, itu tipu dayanya berhasil.

Dua bank berbeda dan sebuah perusahaan real estat telah menyita rumah dengan tiga kamar tidur dan 2,5 kamar mandi sejak tahun 2000.

Tapi Hanspal tetap tinggal. Menurut New York Post, Hanspal bukan satu-satunya penghuni rumah yang memanfaatkan aturan "tinggal otomatis" menurut Undang-undang Kebangkrutan AS.

Aturan tersebut memberikan penangguhan hukuman sementara, kepada debitur dari semua upaya penagihan, pelecehan, dan penyitaan jika dinyatakan bangkrut.

Setidaknya tiga orang lain mendaftarkan rumah di 2468 Kenmore St. sebagai alamat mereka. Itu dilakukan setelah mereka mengajukan kebangkrutan di pengadilan federal Brooklyn, dan memenangkan aturan "tinggal otomatis."

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest