Follow Us

Puasa Seharian Bikin Bau Mulut Makin Parah? Lakukan Hal Ini Biar Kamu Bebas dari Bau Tak Sedap

Dwi Purworahayu - Sabtu, 17 April 2021 | 20:45
Kondisi puasa dan penggunaan masker di tengah pandemi memang bisa meningkatkan masalah bau mulut. Tapi ada beberapa langkah yang bisa diandalkan untuk mengatasinya.
Freepik

Kondisi puasa dan penggunaan masker di tengah pandemi memang bisa meningkatkan masalah bau mulut. Tapi ada beberapa langkah yang bisa diandalkan untuk mengatasinya.

GridHype.ID - Selama bulan Ramadhan, kesehatan gigi dan mulut harus ekstra dijaga.

Hal ini karena tak ada asupan minuman atau makanan yang masuk ke dalam tubuh saat siang hari.

Jika tidak dijaga, yang ada akan muncul bau mulut yang tidak sedap

Baca Juga: Semarak Ramadhan 2021, TikTok Hadirkan Festival Online di Bulan Puasa, Berikan Banyak Konten Hiburan Hingga Inspiratif

Melansir alodokter.com, bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal.

Namun studi menunjukkan, 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Mengutip kompas.com, Dokter Gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati, M.D.Sc., menjelaskan bahwa bau mulut yang timbul saat orang berpuasa merupakan proses yang normal atau fisiologis.

Baca Juga: Pemerintah Terbitkan Panduan Ibadah Ramadhan 2021, Kemenag: Tak Berlaku di Zona Merah dan Oranye Penyebaran Covid-19

Hal itu terjadi karena saat perut kosong, asam lambung meningkat, dan menguap keluar melalui rongga mulut, sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Bau mulut sendiri diistilahkan sebagai kondisi ketika seseorang memiliki aroma napas tidak sedap yang dihasilkan dari fermentasi anaerobik (tidak membutuhkan udara) partikel makanan.

Ketika orang berpuasa, terutama pada siang hari saat perut kosong, sekresi saliva yang berkurang dan kadar asam lambung meningkat menyebabkan uap asam lambung mengalir ke arah rongga mulut hingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Source : Kompas.com, alodokter.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest