Doa Harian, Inilah Doa yang Bisa Kamu Baca untuk Orang yang Sudah Meninggal

Minggu, 05 November 2023 | 12:00
freepik.com

Ilustrasi doa

GridHype.ID -Kamu sebagai umat muslim harus simak doa harian berikut ini.

Sebab, doa harian ini akan membagikan bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal.

Doa harian ini bisa kamu simak sampai akhir.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dalam Islam.

Dalam ajaran Islam, adanya kehidupan setelah kematian merupakan keyakinan mendasar.

Di kehidupan tersebut, orang-orang yang telah berpulang masih dapat menerima kiriman doa dan kebaikan dari orang-orang yang masih hidup di dunia.

Konsep ini mengandung makna mendalam, menunjukkan bahwa hubungan antara kehidupan dunia dengan alam kubur terjalin erat.

Dalam praktik keagamaan, mengirimkan doa untuk orang yang telah meninggal adalah tindakan penuh kebajikan dan rasa kasih sayang.

Doa-doa kita di dunia ini dianggap sebagai cahaya yang dapat menerangi kehidupan para ruh di alam kubur.

Pahala dari amalan baik yang dilakukan oleh orang yang masih hidup juga dapat sampai kepada orang yang telah berpulang, guna membawa manfaat dan keberkahan di alam kubur.

Dalam artikel ini, Sonora akan memaparkan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengirim doa untuk orang yang telah meninggal dalam ajaran Islam.

Baca Juga: Doa Harian, Inilah 6 Doa Mendapatkan Pekerjaan yang Bisa Diamalkan Para Pengangguran

Dengan memahami cara-cara ini, kita dapat berpartisipasi dalam memperbaharui hubungan ruhaniah dengan orang-orang yang telah berpulang, sekaligus meningkatkan keberkahan bagi mereka di alam kubur.

Maka, untuk tahu lebih jauh, simak penjelasan yang Sonora kutip dari Bola.com berikut ini.

Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal dalam Islam

1. Berdoa Ketika Mendengar Kabar Duka

Mendengar kabar duka dari orang-orang terdekat tentu membuat kita bersedih.

Kehilangan orang-orang terdekat sangat berat dirasakan.

Namun, sebaiknya jangan hanya bersedih, berdoalah ketika mendengar kabar duka tersebut.

Saat mendengar kabar duka, segeralah menyebut nama Allah Swt. Kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan doa dengan mengucapkan innalillaahi wa inna ilaihi rojiuun.

Dengan mengucap doa tersebut saat mendengar kabar duka, menunjukkan bahwa kita hanyalah manusia yang bisa pasrah dan menerima keputusan Allah tentang kematian.

2. Sebut Nama Orang yang Sudah Meninggal

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal selanjutnya adalah dengan menyebut nama almarhum atau almarhumah saat memanjatkan doa.

Baca Juga: Inilah Doa Untuk Ibu Hamil Supaya Diberi Kelancaran Saat Persalinan

Agar doa itu bisa sampai kepada orang yang sudah meninggal, lebih baik sebutkanlah nama lengkapnya.

Hal ini seperti kata Ibnu Sholah, "Dan hendaklah ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia berdoa untuk si Fulan".

3. Doa Saat Mendengar Kabar Duka

Setelah mengetahui cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal, kamu juga bisa mengucapkan doa berikut saat mendengar kabar duka.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu 'indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi 'illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu.

Artinya:

"Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

4. Doa Tahlil untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain bacaaan doa di atas, kamu juga boleh membaca doa tahlil untuk orang yang sudah meninggal.

Doa-doa berikut ini juga termasuk cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal.

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ، سُبْحَانَكَ لَا نُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ، فَلَكَ الحَمْدُ قَبْلَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ بَعْدَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ إِذَا رَضِيْتَ عَنَّا دَائِمًا أَبَدًا

Artinya:

Baca Juga: Doa Harian, Jangan Lupa Amalkan Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal Berikut Ini

"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu. Maha suci Engkau, kami tidak (dapat) menghitung pujian atas diri-Mu sebagaimana Kaupuji diri sendiri. Hanya bagi-Mu pujian sebelum rida. Hanya bagi-Mu pujian setelah ridha. Hanya bagi-Mu pujian ketika Kau meridai kami selamanya."

5. Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Selain doa itu, kamu juga bisa membaca doa ini saat ada orang laki-laki yang meninggal dunia:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke surga, dan lindungilah dari siksa kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

Demikian penjelasan mengenai cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dalam Islam sebagaimana di atas. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Sonora.ID dengan judul "Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal dalam Islam"

Baca Juga: Doa Harian Ketika Melakukan Perjalanan Jauh, Bacalah Doa Safar Berikut Ini

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Sonora.ID

Baca Lainnya