Doa Harian, Inilah 7 Doa yang Bisa Kamu Amalkan Sebelum Perjalanan Jauh

Senin, 30 Oktober 2023 | 06:45
Ilustrasi/Pixabay

Ilustrasi berkendara

GridHype.ID -Doa harian berikut ini akan membagikan bacaan doa perjalanan jauh.

Akan ada 7 doa harianyang bisa kamu amalkan.

Mari simak doa harian berikut ini!

Bisa langsung dilafalkan!

Umat Islam diperintahkan untuk senantiasa mengawali dan mengakhiri segala aktivitas dengan membaca doa.

Membaca doa bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dan agar apa yang dilakukan diberkahi oleh Allah.

Salah satu waktu yang diperintahkan untuk berdoa yaitu saat hendak melakukan perjalanan jauh.

Berikut kumpulan doa yang bisa diamalkan.

Doa Perjalanan Jauh dalam Islam

Ada beberapa doa yang bisa diamalkan sejak umat Islam keluar dari rumah hingga sampai ke tujuan.

1. Doa Keluar Rumah

Baca Juga: Doa Harian, Inilah 5 Bacaan Doa Ketika Hujan Turun, Bisa Kamu Amalkan Sekarang!

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm

Artinya, “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

2. Doa Masuk Rumah

‎اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma inni as'aluka khairol mawlihi wa khairol makhroji bismillahi walajana bismillahi kharijna wa alallahi rabbina tawakkalna

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.”

3. Doa Naik Kendaraan I

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Baca Juga: Doa Harian, Sebelum Terlambat, Inilah Doa Meminta Ampunan dari Dosa-dosa yang Telah Diperbuat

Kumpulan Doa Perjalanan Jauh dalam Islam

4. Doa Naik Kendaraan II

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya, “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

5. Doa Naik Kendaraan Laut

Doa ini adalah doa yang dilantunkan oleh Nabi Nuh saat berlayar di lautan.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ (هود 41) - وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ (الزمر 67

Bismillâhi majrêha wa mursâhâ, inna rabbî la ghafûrur rahîm, (Hud ayat 41). Wa mâ qadarullâha haqqa qadrihî, wal ardhu jamî‘an qabdhatuhû yaumal qiyâmah, was samâwâtu mathwiyyâtum bi yamînihî, subhânahû wa ta‘âlâ ‘an mâ yusyrikûn, (Az-Zumar ayat 67).

Artinya, “Nuh berkata, ‘Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.’ Sungguh Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,’ (Surat Hud ayat 41). Mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan,” (Surat Az-Zumar ayat 67).

6. Doa Naik Kendaraan Udara

Baca Juga: Doa Harian, Masih Banyak yang Belum Tahu, Inilah Bacaan Doa MInum Air Zam-zam sesuai Sunnah

اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali.

7. Doa Ketika Sampai Tujuan

‎اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

​​​​​​​Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya : "Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya."

Demikian ulasan tentang kumpulan doa saat perjalanan jauh yang bisa diamalkan, mulai dari keluar rumah sampai selamat di tujuan.

Artikel ini telah tayang di Sonora.ID dengan judul "7 Doa Perjalanan Jauh dalam Islam, Mohon Perlindungan dan Keselamatan Sampai Tujuan"

Baca Juga: Doa Harian, Berikut Ada 3 Doa agar Kamu Cepat Menghafal dan Punya Daya Ingat yang Kuat

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Sonora.ID

Baca Lainnya