Doa Harian Ini Bisa Kamu Amalkan Ketika Kamu Sedang Sedih atau Terpuruk, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

Senin, 23 Oktober 2023 | 07:00
Pexels.com

Ilustrasi sedih

GridHype.ID -Doa harian ini bisa kamu amalkan ketika sedang sedih.

Atau bisa juga kamu amalkan ketika sedang terpuruk.

Jangan khawatir, doa harian ini dilengkapi dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

Sebagaimana diketahui, hidup akan selalu berputar, kadang berada di puncak, kadang berada bawah.

Jika sedang berada di titik terendahnya, pikiran manusia kadangkali tidak bisa diajak berkompromi.

Semakin lama bisa saja semakin memburuk dan yang lebih parahnya bisa berakhir depresi.

Namun, percayalah bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan yang melebihi beban yang tak dapat ditanggung hambanya.

Ketika sedang merasa stress dan sedih, seakan-akan tidak punya arah tujuan, maka cari bangkitnya adalah dengan berdoa kepada Allah SWT.

Perbanyaklah ibadah dan selalu berpikiran positif.

Ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan jika sedang merasa sedih.

Berikut ini adalah doa yang dapat diamalkan.

Baca Juga: Doa Harian, Inilah Doa Memohon Rezeki yang Bisa Kamu Amalkan Setiap Hari

1. اللَّهُمَّ يَا لَطِيْفُ يَا لَطِيْفُ يَا لَطِيْفُ يَا مَنْ وَسِعَ لُطْفُهُ اَهْلَ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرَضِيْنَ اَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ اَنْ تَلْطَفَ بِنَا مِنْ خَفِيِّ خَفِيِّ خَفِيِّ لُطْفِكَ اْلخَفِيِّ اْلخَفِيِّ اْلخَفِيِّ الَّذِيْ اِذَا لَطَفْتَ بِهِ عَلَى اَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ كُفِيَ فَأِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ اللهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ اْلقَوِيُّ اْلعَزِيْزُ

Arab Latin: Allahumma ya lathifu ya lathifu ya lathifu ya man wasi'a luthfuhu ahlas samawati wal aradlina. As aluka allahumma an talthofa bina min khofiyyi khofiyyi khofiyyi luthfikal khofiyyil khofiyyil khofiyyi, alladzi idza lathofta bihi 'ala ahadin min kholqika kufiya, fa innaka qulta wa qoulukal haqqu. Allahu lathifun bi 'ibadihi yarzuqu may yasyau wa huwal qowiyul 'aziz.

Artinya: "Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang Maha Lembut, wahai Dzat Yang kelembutan-Nya meluasi pada seluruh langit dan seluruh bumi. Aku memohon kepada-Mu, wahai Allah, agar Engkau bersifat lembut pada kami melalui kerahasiaan kelembutan-Mu yang rahasia, yang mana jika Engkau bersikap lembut dengannya pada salah satu makhluk-Mu, maka ia pasti tercukupi. Sesungguhnya Engkau berkata dan perkataan-Mu sangat benar; Allah sangat lembut pada hamba-hamba-Nya, Dia memberi rizeki pada orang-orang yang Dia kehendaki. Dia Maha Kuat dan Maha Mulia."

2. لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab latin: La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin.

Artinya: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

3. رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Arab latin: Rabbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antal wahhab.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi (karunia)."

4. اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Arab Latin: Allahumma la sahla illaa maa ja'altahu sahla, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahla.

Baca Juga: Doa Harian, Begini Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Iri dan Dengki, Yuk Amalkan Setiap Hari!

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau mudahkan. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

5. لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Arab latin: Laa ilaaha illallahul 'adziim al haliim laa ilaaha illallah rabbul 'arsyil 'azhiim, laa ilaaha illallah rabbus samaawati wa rabbul ardli wa rabbul arsyil kariim

Artinya: "Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) 'Arsy yang agung. Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb pemilik 'Arsy yang mulia."

6. أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

Arab Latin: A'ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa 'iqābihī, wa syarri 'ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.

Artinya, "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir."

Itulah beberapa doa yang dapat dibaca ketika sedang merasakan sedih, stress, dan terpuruk. Semoga diberikan kemudahan dalam menghadapi segala masalah dan peliknya kehidupan.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul "Doa Ketika Sedang Merasa Sedih dan Terpuruk"

Baca Juga: Doa Harian yang Bisa Kamu Amalkan Sebelum Pergi Mencari Nafkah, Yuk Baca Doa Mustajab Rasul Ini!

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunJogja.com

Baca Lainnya