Doa Harian, Inilah Doa untuk Menenangkan Hati Gegara Patah Hati

Minggu, 15 Oktober 2023 | 06:15
Pexels

Ilustrasi doa

GridHype.ID -Sakit hati adalah perasaan yang mendalam dan kompleks yang dapat mengganggu kesejahteraan jiwa seseorang.

Dalam menghadapi cobaan ini, spiritualitas dan doa dapat menjadi landasan untuk mencari ketenangan dan kesembuhan batin.

Doa harian menjadi penghubung yang kuat antara manusia dan Sang Pencipta, tempat untuk mencurahkan rasa sakit dan kegelisahan hati.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bacaan doa harian yang dapat membantu mengatasi sakit hati dan mencari ketenangan jiwa, sehingga memungkinkan kita untuk melangkah maju dalam hidup dengan penuh harapan dan keyakinan.

Sebagaimana diketahui, tidak semua hubungan berakhir dengan akhir yang bahagia.

Entah itu perpisahan yang pahit atau perpisahan yang menyakitkan, sering kali ada rasa sakit dan penderitaan yang mendalam setela berakhirnya sebuah hubungan.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

"Tidaklah seorang muslim ditimpa kegundahan atau kesedihan, kemudian ia membaca doa ini, kecuali Allah akan menghilangkan kesedihannya dan menggantikan tempat kesedihannya dengan kebahagiaan." (HR. Ahmad, Ibnu Abi Syaibah, Thabrani, dan Hakim).

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW mengatakan, “Hati itu ibarat satu lembar bulu di atas tanah yang kosong. Ia terombang-ambing oleh angin, sehingga mudah terbolak-balik.” (HR. Ahmad).

Oleh karena itu, kita tidak boleh menyesali kepergian sosok tercinta dan yakin bahwa Allah SWT akan mengirimkan pengganti yang lebih baik.

Agar perasaan jadi lebih tenang, alangkah baiknya kita membaca beberapa doa sakit hati karena cinta berikut ini.

Baca Juga: Doa Ini Dipanjatkan Oleh Rosulullah Ketika Sakit Kepala dan Demam

Doa untuk menenangkan hati dan pikiran karena patah hati

للَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

“Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Doa Rasulullah SAW

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ.

Arab-latin: Allaahumma innii 'abduka, wabnu 'abdika, wabnu amatika, naashiyatii biyadika, maadhin fiyya hukmuka, 'adlun fiyya qodhoo-uka, as-aluka bikullismin huwalaka, sammayta bihi nafsaka, aw anzaltahu fii kitaabika, aw 'allamtahu ahadan min kholqika, awis ta' tsar ta bihi fii 'ilmil ghoibi 'indaka, an taj'alal qur-aana robbii'a qolbii, wa nuuro shodrii, wa jalaa-a huznii, wa dzahaaba hammii.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku benar-benar hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, dan anak dari hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku ada di tangan-Mu, segala ketentuan-Mu telah berlaku bagiku, ketetapan-Mu adil atas diriku. Aku memohon dengan segala nama yang telah Engkau sebutkan untuk menyebut-Mu, atau yangtelah Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang telah Engkau ajarkan pada salah seorang dari makhluk-Mu, atau sengaja Engkau simpan di dalam ilmu di sisi-Mu. Agar Engkau jadikan al-Qur'an sebagai seminya hatiku, cahaya dadaku, penyirna kesedihanku dan penghilang kedukaanku."

Surat Taha ayat 25-28

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

qāla rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul 'uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: Dia (Musa) berkata, 'Ya Tuhanku, lapangkan lah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

Baca Juga: Doa Harian, Inilah Doa yang Bisa Kamu Amalkan agar Terhindar dari Sihir dan Santet

Doa Nabi Daud AS agar Diberikan Keberanian dan Selalu Bersyukur

Surat Al Baqarah ayat 250

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

wa lammā barazụ lijālụta wa junụdihī qālụ rabbanā afrig 'alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, "Ya Tuhan kami, limpahkan lah kesabaran kepada kami, kukuhkan lah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

Surat Ali Imran ayat 173

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Hasbunallāhu wa ni'mal-wakīl

Artinya: Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul "Bacaan Doa Ketika Sakit Hati untuk Mendapatkan Ketanangan Jiwa"

Sebagian artikel ini dibuat dengan ChatGPT (AI).

Baca Juga: Baca Doa dan Dzikir Ini Saat Petang Supaya Dimudahkan Semua Urusan

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunJogja.com

Baca Lainnya