Doa Harian, Amalkan Doa Ini Ketika Kamu Melintasi Kuburan

Senin, 03 Juli 2023 | 07:00
Tirbun Timur/Sanovra

Ilustrasi ziarah kubur

GridHype.ID -Doa harian ini akan membagikan bacaan doa saat melintasi kuburan.

Bagi yang belum tahu, mari kita simak bersama doa harian berikut ini.

Lengkap dengan tulisan Arab, latin dan artinya.

Doa saat melintasi kuburan ini seperti dibaca Sayyidina Ali.

Doa saat melintasi kuburan ini tidak begitu sulit dihafalkan.

Melewati kuburan adalah pengingat bahwa hidup di dunia ini bersifat sementara, dan setiap orang akan menghadapi kematian suatu saat nanti.

Berdoa saat melewati kuburan dapat menjadi momen refleksi dan pengingat akan kehidupan akhirat serta kepentingan persiapan untuk kehidupan setelah mati.

Ketika orang melewati kuburan kemudian berdoa bisa menjadi peluang untuk memohon ampunan dan rahmat Allah SWT bagi orang yang telah meninggal.

Doa-doa tersebut adalah ungkapan kasih sayang, penghormatan, dan pengharapan agar Allah mengampuni dosa-dosa mereka serta memberikan rahmat dan keberkahan kepada mereka.

Selain itu, berdoa saat melewati kuburan juga merupakan amalan yang dianjurkan dalam tradisi dan adat istiadat di beberapa budaya dan masyarakat.

Itu semua sebagai tanda penghormatan kepada orang yang telah meninggal dan sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Amalkan Bacaan agar Hajat Dikabulkan Allah SWT

Penting untuk menjaga rasa hormat dan kekhusyukan dalam berdoa saat melewati kuburan, serta memahami makna dan tujuan di balik amalan tersebut.

Dalam kitab al-Wasaail as-Syaafi’ah, Sayyid Muhammad bin ‘Ali al-Husaini menyebutkan bahwa doa yang dibaca oleh Sayyidina Ali ketika melewati kuburan adalah sebagai berikut;

السَّلامُ عَلَى أَهْلِ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، مِنْ أَهْلِ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، يَا أَهْلَ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، بِحَقِ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، كَيْفَ وَجَدْتُمْ قَوْلَ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، مِنْ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، يَا لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، بِحَقِ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ اغْفِرْ لِمَنْ قَالَ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ ، وَاحْشُرْنَا فِي زُمْرَةِ مَنْ قَالَ لا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ

Arab Latin

Assalaamu ‘alaa ahli laa ilaaha illallaahu min ahli laa ilaaha illallaahu

yaa ahla laa ilaaha illallaahu bihaqqi laa ilaaha illallaahu kaifa wajadtum qoula laa ilaaha illallaahu min laa ilaaha illallaahu

yaa laa ilaaha illallaahu bihaqqi laa ilaaha illallaahu ighfir liman qoola laa ilaaha illallaahu wahsyurnaa fi zumroti man qoola laa ilaaha illallaahu.

Artinya:

Keselamatan atas ahli laa ilaaha illallaah,

dari ahli laa ilaaha illallaah, wahai ahli laa ilaaha illallaah,

dengan kebenaran laa ilaaha illallaah,

Baca Juga: Doa Haria, Yuk Hafalkan Doa Masuk Kamar Mandi dan Adab yang Bisa Umat Muslim Ikuti

bagaimana kalian menemukan perkataan laa ilaaha illaah, dari laa ilaaha illaah,

wahai laa ilaaha illallaah, dengan kebenaran laa ilaaha illallaah,

ampunilah orang yang membaca laa ilaaha illallaah, dan kumpulkan kami dengan golongan orang yang membaca laa ilaaha illaah.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk membaca kalimat dzikir ketika kita melewati kuburan. Kalimat dzikir yang dianjurkan untuk dibaca adalah sebagai berikut;

لا إلٰهَ إلاَّ الله وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لا يَمُوتُ بِيَدِهِ الخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalahuu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiru wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Tidak ada Tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya.

Bagi-Nya kerajaan dan segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha hidup dan tidak akan mati.

Di tangan-Nya segala kebaikan, Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Artikel ini telah tayang di Tribunsulbar.com dengan judul "Doa Islam - Doa Saat Melintasi Kuburan Seperti Dibaca Sayyidina Ali"

Baca Juga: Sakit Gigi Tak Tertahankan Menyiksa Diri, Inilah Amalan Doa yang Jadi Perantara Penyembuhan

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunSulbar.com

Baca Lainnya