Tips Kesehatan, Jangan Diabaikan! 4 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Asam Lambung Kamu Naik ke Paru-paru loh

Minggu, 25 Juni 2023 | 21:00
Freepik/stockking

Asam lambung naik

GridHype,ID -Kamu semua, terutama yang mengidap asam lambung harus tahu tips kesehatan di bawah ini.

Sebab tips kesehatan ini akan membahas soal penyakit asam lambung.

Yang mana tips kesehatan ini bakal membagikan 4 ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru.

Jangan salah, asam lambung atau GERD yang sudah akut bahkan bisa naik hingga ke kerongkongan atau esofagus dan menyebar ke paru-paru.

Dilansir dari Medical News Today, ketika hal tersebut terjadi, asam dari lambung dapat mengiritasi saluran udara dan menyebabkannya membengkak.

Adapun sejumlah ciri umum asam lambung adalah ketidaknyamanan perut, bersendawa dan cegukan terus-menerus, kembung, kesulitan menelan, sakit tenggorokan, dan bau mulut.

Di sisi lain, langsung saja simak sejumlah ciri asam lambung sudah naik ke paru-paru di bawah ini.

1. Sesak napas atau dyspnea

Sesak napas (dyspnea) sering terjadi pada malam hari jika asam lambung sudah naik ke paru-paru, demikian seperti yang dijelaskan dalam Atlas Biomed.

Hal ini disebabkan oleh asam yang naik di bagian belakang tenggorokan yang masuk ke paru-paru menyebabkan saluran udara membengkak.

Para peneliti juga menemukan hubungan antara GERD dan obstructive sleep apnea syndrome (OSAS), suatu kondisi di mana pernapasan dapat terganggu saat tidur, yang memengaruhi kadar oksigen tubuh.

Baca Juga: Tips Kesehatan, Ini loh 5 Gejala GERD yang Sering Disepelekan, Yuk Mulai Waspada!

2. Pneumonia

Menurut Gastroconsa, asam lambung di tenggorokan dapat menyebabkan iritasi atau radang pita suara atau sakit tenggorokan.

Jika asam tersebut kemudian terhirup ke dalam paru-paru, maka bisa menyebabkan pneumonia aspirasi atau radang paru-paru.

Hal ini sejalan dengan yang dijelaskan dalam jurnal medis yang dipublikasikan di PubMed Central bahwa asam bisa menyebabkan bronkitis dan/atau pneumonia.

Bahkan, apabila asam lambung telah bersifat kronis, pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan paru-paru permanen termasuk fibrosis paru atau bronkiektasis.

3. Postnasal drip

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asam dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan mengakibatkan postnasal drip alias aliran lendir dari hidung ke tenggorokan.

4. Batuk

Masih berkaitan dnegan poin sebelumnya, postnasal drip di mana sekresi dari hidung terakumulasi di tenggorokan kemudian menyebabkan batuk dan saluran napas tersumbat.

Suara kemudian menjadi serak, terjadi batuk berulang.

Selain batuk, bisa juga menyebabkan tersedak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa GERD atau asam lambung belum tentu penyebab dari gejala satu ini sehingga butuh pemeriksaan lebih lanjut.

“Masalahnya adalah GERD bukanlah penyebab paling umum dari gejala atipikal ini, sehingga pasien sering menjalani berbagai tes dan perawatan sebelum dokter mereka dapat menentukan bahwa GERD adalah penyebabnya,” kata Ketan Shah, M.D., ahli gastroenterologi di Saddleback Medical Center di Laguna Hills, California melalui Memorial Care.

Demikian ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang harus diatasi dengan segera.

Hubungi dokter apabila gejala di atas telah kamu alami.

Artikel ini telah tayang di Sonora.ID dengan judul "4 Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru yang Wajib Diatasi Segera"

Baca Juga: Tips Kesehatan, Mulai Sekarang Penderita Asam Lambung Jangan Lagi Minum 5 Jenis Minuman Ini

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Sonora.ID

Baca Lainnya