Doa Harian, Amalkan 4 Doa Berikut Ketika Mendengar Keluarga, Saudara atau Tetangga Meninggal Dunia, Yuk Catat!

Sabtu, 06 Mei 2023 | 07:00
Freepik.com

Bacaan Doa Ketika Mendengar Kabar Keluarga, Teman atau Tetangga Meninggal Dunia

GridHype.ID -Bagi kamu yang tergolong umat muslim, kamu wajib simak doa harian berikut sampai habis.

Sebab doa harian ini akan membagikan doa ketika mendengar keluarga, teman atau tetangga meninggal dunia.

Doa harian ini akan membagikan 4 bacaan doa. Mari simak bersama!

Setiap manusia sudah ditentukan takdirnya sejak belum lahir.

Dan sejatinya, semua manusia pasti akan menemui ajalnya.

Namun, tak ada satu orang pun yang mengetahui kapan hal itu akan terjadi.

Meski begitu, sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk memberikan doa kepada orang yang meninggal dunia.

Tujuan dari setiap bacaan doa untuk orang meninggal dunia adalah memohonkan agar jenazah diampuni dosa-dosanya, dan ditempatkan di sisi terbaik-Nya.

Seperti yang telah dijelaskan dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 10, Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ - ١٠

Artinya: "Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, "Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang." (QS. Al Hasyr: 10).

Baca Juga: Doa Harian, Baca Beberapa Doa Ini Agar Meninggal dalam Keadaan Husnul Khatimah

1. Doa ketika mendengar orang meninggal dunia

Diriwayatkan dari Abu Musa ra. dalam hadits At-Tirmidzi, dianjurkan untuk mengucapkan Istirja ketika mendengar seorang anak adam yang meninggal.

Berikut bacaannya:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Innalillahi wa innaa ilaihi raajiuun

Artinya: "Sesungguhnya kami berasal dari Allah dan akan kembali kepada-Nya."

2. Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Dunia Laki-Laki

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

Baca Juga: Doa Harian, Ini Dia 4 Doa agar Terhindar dari Maksiat, Yuk Amalkan Sekarang Juga!

3. Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Dunia Perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

4. Bacaan Doa untuk Orang Meninggal Dunia Khusus Orang Tua

Berikut bacaan doa untuk orang meninggal dunia:

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul "4 Bacaan Doa Ketika Mendengar Kabar Keluarga, Teman atau Tetangga Meninggal Dunia"

Baca Juga: Doa Harian, Bisa Dibaca saat Silaturahmi Idulfitri 1444 H, Ini Dia Doa Halal Bihalal

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : Tribunkaltim.co

Baca Lainnya