Doa Harian, Baca Doa Ini Ketika Sedang Stress, Semoga Hati Tenang dan Dimudahkan Segala Urusan

Minggu, 19 Maret 2023 | 05:05
freepik

Ilustrasi stress

GridHype.ID -Doa harian berikut ini akan membagikan bacaan doa saat sedang stress.

Doa harian ini dijamin bermanfaat bagi kamu yang saat ini ketika mengalami stress berat.

Maka dari itu, mari kita hafalkan doa harian ini bersama!

Setiap hari kita selalu menjalani aktivitas, demikian manusia sering dihadapkan dengan berbagai persoalan masalah dalam hidupnya.

Demikian manusia sering mengalami stress, seperti hal nya dalam pekerjaan maupun permasalahan lainnya, dalam islam ketika menghadapi stress Rasulullah SAW menganjurkan manusia untuk tidak menjadi lemah.

Sebagaimana firman Allah dalam Surat Ali Imron ayat 139, Rasulullah SAW bersabda:

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

Begitu pun ketika stress lakukan lah yang membuat agar tidak stress, supaya pikiran rehat sejenak dari aktivitas yang padat, seperti melakukan olahraga, nonton yang menghibur, hingga lakukan aktivitas yang kita suka.

Selain itu dalam islam ketika stress dalam persoalan masalah harus dihadapi dengan sabar, hingga berusaha melaluinya dengan teguh, dan hendaklah meminta doa supaya diberi kekuatan, kemudahan, hingga ketabahan dalam menghadapi persoalan masalah hidup.

Berikut Bacaan Doa Ketika Mengalami Sress:

Doa Ketika Mengalami Stres

Baca Juga: Doa Harian, Baca Doa Ini Kalau Kamu Ingin Cepat Kaya, Semoga Rezeki Lancar dan Berlimpah

تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Lā yukallifullāhu nafsan illā wus'ahā, lahā mā kasabat wa 'alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil 'alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ 'alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa'fu 'annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat (stres) sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Q.S. Al-Baqarah : 286).

Doa Agar Terlepas Dari Kesulitan

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

Wa żan-nụni iż żahaba mugaḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nada fiẓ-ẓulumati al la ilaha illa anta sub-ḥanaka inni kuntu minaẓ-ẓalimin

Artinya: ”Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sungguh aku adalah termasuk orang-orang yang zhalim.” (QS. Al-Anbiya: 87).

Doa Dimudahkan Segala Urusan

ﺭﺏ ﺍﺷﺮﺡ ﻟﻲ ﺻﺪﺭﻱ, ﻭﻳﺴﺮ ﻟﻲ ﺃﻣﺮﻱ, ﻭﺍﺣﻠﻞ ﻋﻘﺪﺓ ﻣﻦ ﻟﺴﺎﻧﻲ, ﻳﻔﻘﻬﻮﺍ ﻗﻮﻟﻲ

Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”(QS. Thaahaa : 25-28).

Baca Juga: Doa Harian, Cocok Buat Kamu yang Sering Insom, Ini Dia Doa saat Sulit Tidur di Malam Hari

Doa Agar Diberi Kesabaran

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh alainaa shabra wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa alal qaumil kaafiriin

Artinya: “Ya Tuhan kami, tuangkan lah kesabaran atas diri kami, dan kokohkan lah pendirian kami dan tolong lah kami terhadap orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 250)

Doa Agar Hati Tenang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allāhumma innī a’ūżubika minal hammi wal hazan. wa a’ūżu bika minal ‘ajzi wal kasali, wa a’ūzu bika minal jubni wal bukhli, wa a’ūźubika min ghalabatid daini wa qahrir rijāl.

Artinya: “(Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung pada-Mu dari sifat lemah dan malas, dan aku berlindung pada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung pada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang).”

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Bacaan Doa saat Stress, Baca Surat Al-Baqarah Bisa Bikin Hati Tenang, Ini Doa-doa Ketika Stres"

Baca Juga: Doa Harian Setelah Selesai Salat, Bacaan yang Jika Diamalkan Bisa Menghapus Dosa Meski Sebanyak Buih di Lautan

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunJabar.id

Baca Lainnya