Inilah Doa Harian yang Bisa Diamalkan pada Kamis Pagi, Jadi Jalan Memohon Keberkahan

Kamis, 09 Februari 2023 | 09:00
Freepik.com

doa harian yang bisa diamalkan pada hari Kamis

Gridhype.id-Inilah doa harian hari Kamis yang bisa diamalkan untuk menjemput keberkahan dari Allah SWT.

Dengan mengamalkan doa harian ini, inshaAllah ada banyak kenikmatan yang bisa diperoleh.

Sebagi umat beriman, hendaknya kita selalu mengamalkan doa harian sebagai wujud ketakwaan kepada Sang Khalik.

Dalam suatu hadist disebutkan bahwa amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT di hari Senin dan Kamis.

Sehingga Rasulullah SAW melaksanakan dan menganjurkan puasa sunah di dua hari tersebut.

Puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang Rasulullah SAW anjurkan untuk dilaksanakan.

Beliau juga rutin mengamalkan ibadah tersebut. Sebagaimana yang disebutkan dalam suatu hadits, bahwa amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT pada setiap hari Kamis. Dari Abu Hurairah RA. dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda,

"تُعْرَضُأَعْمَالُالنَّاسِفِيكُلِّجُمُعَةٍمَرَّتَيْنِيَوْمَاْلاثْنَيْنِوَيَوْمَالْخَمِيسِفَيُغْفَرُلِكُلِّعَبْدٍمُؤْمِنٍإِلاَّعَبْدًابَيْنَهُوَبَيْنَأَخِيهِشَحْنَاءُ."

"Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu'ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan..." (H.R. Shahih Muslim)

Keutamaan berikutnya adalah, pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis.

Seperti dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"تُفْتَحُأَبْوَابُالْجَنَّةِيَوْمَالاثْنَيْنِوَيَوْمَالْخَمِيسِفَيُغْفَرُلِكُلِّعَبْدٍلاَيُشْرِكُبِاللهِشَيْئًاإِلاَّرَجُلاًكَانَتْبَيْنَهُوَبَيْنَأَخِيهِشَحْنَاءُ،فَيُقَالُ:أَنْظِرُواهَذَيْنِحَتَّىيَصْطَلِحَا،أَنْظِرُواهَذَيْنِحَتَّىيَصْطَلِحَا،أَنْظِرُواهَذَيْنِحَتَّىيَصْطَلِحَا."

Baca Juga: Doa Harian Agar Dihindarkan dari Rezeki yang Haram, Amalkan Setiap Pagi!

"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, 'Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Shahih Muslim).

Sedangkan untuk bacaan doanya terangkum dalam kitab 'Shahifah Al-Fathimiyyah'. Kitab ini merupakan kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh Sayyidah Fatimah Az-Zahra, selaku putri Rasulullah Muhammad SAW. Dan bacaandoa pada hari kamisadalah berikut ini seperti dikutip daribincangsyariah.co.

اللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَالْهُدَىوَالْتُقَىوَالْعَفَافَوَالْغِنَى،وَالعَمَلَبِمَاتُحِبُّوَتَرْضَى،اللَّهُمَّإِنِّيأَسْأَلُكَمِنْقُوَّتِكَلِضَعْفِنَا،وَمِنْغِنَاكَلِفَقْرِنَاوَفَاقَتِنَا،وَمِنْحِلْمِكَوَعِلْمِكَلِجَهْلِنَا،اللَّهُمَّصَلِّعَلَىمُحَمَّدٍوَآلِمُحَمَّدٍ،وَأعِنَّاعَلَىشُكْرِكَوَذِكْرِكَ،وَطَاعَتِكَوَعِبَادَتِكَبِرَحْمَتِكَيَاأَرْحَمَالرَّاحِمِينَ

"Allhumma innii as'aluka hudaa wattuqaa wal 'afaafa wa ghinaa wal 'amala bima tuhibbu watardhaa, allhumma inni as'aluka mon quwwatika lidha'finaa wa min ghinaaka lifaqrinaa wa faaqatinaa, wamin hilmika wa 'ilmika li jahlinaa, allahumma shalli 'alaa muhammadin wa 'aali muhammadin, wa a'innaa 'alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa'atika wa 'ibaadatika, birahmatika yaa arhamar raahimiin."

Artinya: Ya Allah, aku memohon petunjuk pada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir pada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Itulah sekilaskeutamaan hari Kamis dan doayang biasa dipanjatkan Fatimah putri Rasulullah SAW.

Berikut keutamaan Hari Kamis seperti dikatakan oleh Rasulullah SAW:

1. Hari mendapat ampunan

Keutamaan Hari Kamis seperti tersirat dalam hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah Radhiyallaahu ‘anhu.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تفتح أبواب الجنة يوم الاثنين ويوم الخميس فيغفر لكل عبد لا يشرك بالله شيئا إلا رجلا كانت بينه وبين أخيه شحناء فيقال: أنظروا هذين حتى يصطلحا، أنظروا هذين حتى يصطلحا، أنظروا هذين حتى يصطلحا

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.

Baca Juga: Doa Harian, Baca Doa Ini Jika Kamu Ingin Kendaraan Baru

Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.”(HR. Muslim)

2. Hari Segala Amalan Ditimbang

Rasulullah bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis.

Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

Selain itu Rasulullah SAW juga menganjurkan Umat Muslim berpuasa tiap Senin dan Kamis.

“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam sangat antusias dan bersungguh-sunguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis”. (HR. Tirmidzi, an-Nasa-i, Ibnu Majah, Imam Ahmad)

“Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”(HR. At Tirmidzi dan lainnya)

Usamah bin Zaid berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ »

“Aku berkata pada Rasulullah ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallambertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.”

Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah).

Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.”(HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Artikel ini telah tayang diTribun Manadodengan judulDoa Hari Kamis, Dimulai dari Bismillah Lalu Allhumma innii as'aluka hudaa, Ini Bacaan Lengkapnya

Baca Juga: Doa Harian Hari Selasa sebagai Pembuka Rezeki Berlimpah, Amalkan!

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Tribun Manado

Baca Lainnya