Doa Harian Hilangkan Rasa Malas, Libatkan Allah Dalam Memperbaiki Diri

Senin, 23 Januari 2023 | 21:00
Photo by Rahmi Aksöz

Ilustrasi berdoa

Gridhype.id-Inilah doa harian yang bisa diamalkan saat merasa malas menghampiri.

Rasa malas tentu sangat merugikan bagi diri sendiri dan orang lain, maka doa harian ini bisa menjadi solusi untuk mengatasinya.

Dengan mengamalkan doa harian ini, maka kita sebagai seorang hamba telah melibatkan Allah SWT untuk membentuk diri yang lebih baik.

Untuk dapat terus memiliki semangat dalam mengisi hari dengan ibadah tidaklah mudah.

Terkadang ada suasana yang mana ogah melaksanakan sejumlah ibadah, termasuk yang wajib sekalipun.

Pernah merasa berat hati untuk shalat, puasa, sedekah, atau ibadah lainnya? Keberatan itu didasarkan pada segudang alasan.

Yang jelas, keberatan untuk ibadah itu terjadi karena situasi batin yang memang tidak memiliki kecenderungan untuk ibadah.

Berikut adalah doa menangkal kemalasan dalam beribadah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالجُبْنِ وَالبُخْلِ وَالهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ

Allahumma inni audzubika minal-ajzi wal-kasal, waljubni wal-bukhli wal-harami, wa audzubika min adzabil-qabri, wa audzubika min fitnati al-mahya wal-mamati.”

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, serta bencana kehidupan dan kematian.”

Doa lain agar dijauhkan dari kemalasan beribadah :

Baca Juga: Doa Harian Saat Menghadapi Masalah, Andalkan Allah SWT sebagai Penolong

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

Lafal doa ini dapat dibaca pada setiap selesai shalat lima waktu. Ini doa merendahkan hati berbuat ibadah, dibaca tiap-tiap lepas sholat lima waktu.

Artikel ini telah tayang diTribun Jogjadengan judulBacaan Doa Agar Dijauhkan dari Rasa Malas Beribadah di Bulan Ramadhan

Baca Juga: Doa Harian, Ini Dia Bacaan Doa Naik Pesawat Lengkap Beserta Tulisan Arab hingga Artinya

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Tribun Jogja

Baca Lainnya