Salah Satunya Cegah Demensia, Inilah Manfaat Memelihara Hewan di Rumah

Jumat, 20 Januari 2023 | 11:00
Freepik

Manfaat memelihara hewan

Gridhype.id-Sejumlah orang memiliki kepuasan tersendiri saat berhasil merawat hewan peliharaannya.

Bahkan, mereka bisa sangat mencintai hewan peliharaan dan begitu kehilangan jika berpisah.

Pada kenyataannya, hewan peliharaan ternyata tidak hanya menjadi teman bermain, namun juga membawa beragam manfaat tidak terduga.

Memilikihewan peliharaan diketahui punya banyak manfaat, termasuk salah satunya bagikesehatan otakmanusia.

Sebuah studi tentang manfaat memilikihewanpeliharaan, baru-baru ini dilakukan pada orang dewasa di Amerika Serikat yang berusia di atas 50 tahun.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan selama lebih dari lima tahun punya skor lebih baik pada tes memori kognitif daripada yang tak memiliki hewan peliharaan.

Temuan dari University of Michigan tersebut menunjukkan efek hewan peliharaan yang tak hanya dapat melindungi kesehatan usus dan hati melainkan juga berperan dalam otak manusia yang menua.

Dikutip dariScience Alert,Senin (9/1/2022) hasil studi ini berdasarkan survei perwakilan nasional yang dilakukan dari tahun 2010 hingga 2016 yang menanyakan kepada lebih dari 20.000 orang dewasa di atas usia 50 tahun tentang status hewan peliharaan mereka.

Hasil Studi Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Lalu bertahun-tahun kemudian, para peneliti menunjukkan mereka yang mencentang kotak hewan peliharaan pada survei menunjukkan perbedaan yang menarik dalam skor kognitif selama periode pengujian enam tahun.

Efek tersebut hanya terlihat pada peserta berusia di atas 65 tahun, yang biasanya gejala demensia mulai terlihat pada usia tersebut.

Peneliti menemukan jika seseorang dalam kelompok usia tersebut telah memiliki hewan peliharaan selama lebih dari lima tahun.

Baca Juga: Pantas Jadi Favorit Sejuta Umat, Ternyata Ini Alasan Manusia Menyukai Kucing, Ada Manfaat Tak Terduga untuk Kesehatan

Freepik

hewan peliharaan

ngatan jangka pendek dan jangka panjang mereka rata-rata jauh lebih baik daripada mereka di usia yang sama tetapi tak memiliki hewan peliharaan.

Menariknya, setiap kali peserta diuji selama periode enam tahun, kelompok yang memiliki hewan peliharaan skornya menunjukkan lebih baik bahkan saat mereka bertambah tua.

Namun penelitian ini merupakan asosiasi belum bukti jelas bahwa efek hewan peliharaan itu benar-benar ada.

Kendati demikian, apa sebenarnya yang mendorong gagasan bahwa memiliki hewan peliharaan baik untuk seseorang.

Ada banyak teori terkait hal itu, yang semuanya belum terbukti, tetapi ada kemungkinan pula semua teori itu sebagian benar.

Misalnya memiliki seekor anjing, dalam hal ini bisa berarti pemilik hewan peliharaan dipaksa untuk bangun dan bergerak lebih banyak. Gerakan sehari-hari terkait erat dengan kesehatan otak dan umur panjang fungsional.

Hewan juga membawa bakteri baru ke dalam sirkulasi rumah tangga yang dapat meningkatkan kesehatan usus menjadi lebih baik.

Kebetulan koneksi usus-otak adalah salah satu yang baru-bari ini disadari oleh para ilmuwan jauh lebih penting daripada yang dipikirkan sebelumnya.

Selain itu, hewan peliharaan bisa jadi membuat seseorang bahagia. Studi pun menunjukkan kehadiran hewan dalam hidup seseorang dapat menghilangkan rasa kesepian dan mengurangi stres kronis.

Di usia tua, hal tersebut menjadi lebih penting dari sebelumnya. Bukti pun menunjukkan isolasi dapat mengubah struktur dan fungsi otak kita.

Memiliki teman berbicara meskipun mereka bukan sesama manusia pun juga dapat melatih jaringan verbal di otak kita. Sehingga singkatnya, memiliki hewan peliharaan dapat membantu melindungi dari penurunan kognitif seseorang.

Baca Juga: Kucing Peliharaan Kerap Garuk Telinga dan Geleng-Geleng? Hati-hati Kondisi Ini Bisa Mengancam Kesehatannya

Lebih lanjut sebagian besar penelitian hewan peliharaan sejauh ini berfokus pada bagaimana anjing atau kucing memengaruhi emosi dan kesehatan fisik kita, namun hanya sedikit penelitan yang melihat bagaimana hewan peliharaan memengaruhi kemampuan kita untuk berpikir.

Studi manfaat memiliki hewan peliharaan bagi kesehatan otak seseorang ini telah dipublikasikan diJournal of Aging and Health.

Artikel ini telah tayang dikompas.comdengan judulManfaat Memiliki Hewan Peliharaan bagi Kesehatan Otak

Baca Juga: Manjakan Hewan Peliharaanmu dengan Lakukan Hal Ini, Bikin Makin Sayang

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya