4 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word yang Mempermudah Pengelolaan Data

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:00
unsplash.com

Ilustrasi cara membuat tabel di Word

Gridhype.id-Microsoft Word menjadi salah satu komponen penting yang digunakan oleh banyak orang untuk meyelesaikan pekerjaan.

Dengan menggunakan Microsoft Word, beragam kebutuhan kelola dokumen dapat dilakukan dengan baik.

Fitur yang disajikan olehMicrosoft Word sangat memudahkan pengguna untuk melakukan banyak hal, salah satunya membuat tabel.

Meski merupakansoftwareuntuk mengolah tulisan, Microsoft Wordjuga kerap digunakan untuk membuat tabel.

Tabel memiliki fungsi untuk meringkas informasi/fakta dalam bentuk panjang menjadi lebih ringkas dan langsung to the point.

Namun, membuattabel di Microsoft Word tampaknya jarang dijadikan pilihan banyak orang.

Sejumlah orang lebih memilih membuat tabel Microsoft Excel, lalu di-exportke Microsoft Word.

Padahal, fitur membuat tabel yang tersedia di Microsoft Word juga mudah untuk digunakan meski tidak selengkap Excel.

Anda bisa memilih berbagai cara untuk membuat tabel.

Mulai dari menyisipkan angka atau gambar, memperbesar kolom tabel, menambah atau mengurangi jumlah kolom dan baris dan sebagainya.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Menggunakan "Table Grid"

  • Buka Microsoft Word
Baca Juga: 5 Langkah Mudah Merapikan Spasi Berantakan di Ms. Word, Bikin Tugas Kuliah Aman dari Masalah!

  • Klik “Insert” di menubaratas
  • Pilih “Table”
  • Di sana, terdapat sejumlah kotak, geser kotak tersebut sesuai dengan kebutuhan kolom dan baris yang diinginkan
  • Jika sudah sesuai, klik ujung tabel bawah yang berwarna
  • Kolom dan baris yang sudah ditentukan tadi akan langsung muncul di halaman Word
  • Tabel yang sudah muncul tersebut dapat langsung diisi dengan angka atau tulisan sesuai dengan kebutuhan
Menggunakan Fitur Insert Table

  • Buka Microsoft Word
  • Klik “Insert” di menu bar atas
  • Pilih “Insert Table” di bawah kolom kotak
  • Tulis jumlah baris dan kolom sesuai dengan kebutuhan. Ringkasnya, langkah ini seperti membuat tabel secara manual
  • Setelah itu, di kolom “AutoFit behavior” pilih “Auto” pada “Fixed column width”
  • Klik “OK”
Menggunakan Quick Tables

  • Buka Microsoft Word
  • Klik “Insert” di menu bar atas
  • Pilih “Table”
  • Klik “Quick Table”
  • Lalu, di bagian samping akan muncul jendela baru yang terdiri dari template langsung dari tabel yang ingin dibuat. Pilihan yang tersedia ada tabel yang langsung diberi warna, tabel matriks, dan sebagainya.
  • Pengguna bisa langsung mengeklik template tabel tersebut sesuai dengan kebutuhan
  • Jika sudah memilih, klik template yang ingin digunakan
Membuat dari Tulisan

  • Langkah dalam membuat tabel ini, Anda perlu menuliskan sejumlah tulisan dalam beberapa paragraf dulu bisa dijadikan tabel. Langkahnya pertama kali adalah block tulisan yang ingin dijadikan tabel, seperti contoh gambar di atas.
  • Lalu, klik “Table” lalu pilih “Convert text to table”
  • Anda akan melihat display box, dan tentukan jumlah kolom yang diinginkan. Lalu klik “OK”
  • Paragraf tersebut akan langsung masuk ke dalam tabel secara otomatis.

Artikel ini telah tayang dikompas.comdengan judul4 Trik Mudah Bikin Tabel di Microsoft Word

Baca Juga: Berbagi Surat dan Rezeki Jelang Tahun Baru, Yuk Intip Cara Mudah Bikin Amplop Pakai Ms. Word, Bisa Jadi Ladang Cuan!

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya