Doa Harian Menjelang Subuh, Amalkan Setiap Hari Agar Dilimpahi Keberkahan Allah SWT

Minggu, 08 Januari 2023 | 21:00
Photo by Rahmi Aksöz

Ilustrasi berdoa

Gridhype.id-Inilah doa harian yang bisa diamalkan menjelang subuh agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Doa harian yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari tentu membawa manfaat luar biasa, salah satunya diamalkan menjelang subuh.

Doa harian yang diamalakn menjelang subuh ini menjadi cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sebelum melakukan aktivitas sehari-hari.

Doa ini dipanjatkan sebagai ungkapan rasa syukur seorang hamba kepada AllahSWT, karena Dia telah memberi waktu untuk hidup sampai pagiatau soreini.

Berikut ini doamenyambut pagi, sore, dan menjelang sholat subuh:

Doa Menjelang Sholat Subuh

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

" Allahumma inni a’udzubika min dzhiiqid-dunyaa wa dzhiiqi yaumal-qiyaamati."

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat." (HR. Abu Daud)

Doa Menyambut Pagi Hari

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

"Allahumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuuru."

Baca Juga: Doa Harian, Catat Sekarang Juga, Inilah Kumpulan Doa Tolak Bala yang Bisa Kamu Baca

Artinya: "Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagidan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali."

Doa Menyambut Sore Hari

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

" Allahumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir."

Artinya: "Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali."

Selain doadi atas, terdapat tambahan doa sorehari, Imam An Nawawi juga menjelaskan ada doalain dari Nabi Muhammad SAW yang berasal dari hadis diriwayatkan Ibnu Mas'ud.

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى المُلْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Amsaina wa amsal mulkulillahi walhamdulillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahulmulku walahulhamdu wahuwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wakhaira ma ba‘daha, wa a‘udzubika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A‘udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Artinya: "Kami dan kuasa Allah sore hari. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan kecuali Allahyang Mahaesa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji.

Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.

Artikel ini telah tayang diBangkapos.comdengan judulDoa Menjelang Subuh dan Doa Menyambut Pagi dan Sore Hari, Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

Baca Juga: Doa Harian, Inilah Doa Masuk WC yang Wajib Kamu Amalkan, Dilengkapi Juga dengan Adab Masuk Kamar Mandi

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : Bangkapos.com

Baca Lainnya