Pujian dan Apresiasi Ternyata Menjadi Ciri Manusia Sukses, Ahli Bongkar Keterkaitannya dengan Perilaku Hidup

Rabu, 04 Januari 2023 | 05:00
Freepik.com

Motivasi diri sendiri

Gridhype.id-Meraih kesuksesan tentu menjadi keinginan banyak orang.

Oleh karena itu, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Siapa sangka kesuksesan berkaitan erat dengan pujian atau apresiasi yang kita berikan atau bahkan kita dapat dari orang lain.

Memberikanpujianatauapresiasiadalah hal yang memang selayaknya diberikan kepada orang yang sudah melakukan hal yang terbaik, bertanggung jawab, dan menyelesaikan tugasnya sesuai dengan yang semestinya.

Sayangnya, tak sedikit orang yang menganggap bahwa pekerjaan itu adalah kewajiban orang tersebut sehingga tidak memberikan pujian sama sekali.

Dalam program Sharing for Caring di Radio Sonora FM, Octorina Basushanti selakuCertified Hypnotherapistdan Praktisi Body Language menyatakan bahwa memberikan pujian akan bermanfaat bagi si pemberi dan si penerima.

Mengapa demikian?

Pentingnya pujian dan apresiasi

“Satu adalah motivasi, tentunya. Karena kalau kita sudah benar tetapi kita tidak diberi apresiasi bahwa itu benar, kita akan bertanya-tanya, ini sudah benar atau tidak? Tapi kalau sudah diberi apresiasi ia tahu bahwa sudah benar sehingga tinggal memaksimalkan,” ungkapnya memaparkan.

Jadi, bagi sang penerima, apresiasi bisa dijadikan sebagai tolok ukur atas apa yang dilakukannya dan menjadi motivasi untuk terus berbuat benar.

Bagi sang pemberi, apresiasi atau pujian adalah tanda bahwa orang tersebut adalah manusia yangsukses.

Mengapa demikian?

Baca Juga: Buang Jauh Rasa Magermu! Berikut 5 Tips Memotivasi Diri Sendiri untuk Kamu yang Tengah Menurunkan Berat Badan

“Ini menjadi sebuah tolok ukur bahwa seorang manusia yangsuksesadalah manusia yang bisa menghargai dan dihargai, bukan hanya yang dihormati tetapi tidak bisa menghormati. Manusia yang bermartabat adalah bukan hanya mengapresiasi dirinya tetapi juga kemudian mengapresiasi orang lain,” sambung Octorina.

Jadi, orang yang sering memberikanapresiasi juga menerima apresiasi adalah orang yang sukses.

Dalam kesempatan ini, Octorina menegaskan bahwa apresiasi juga tidak perlu menunggu orang lain untuk memberikan hal itu tetapi juga bisa dari dalam diri kita sendiri untuk hal-hal yang sudah kita capai.

Artikel ini telah tayang diSonoradengan judulPentingnya Pujian dan Apresiasi, Ahli: Ciri Manusia yang Sukses!

Baca Juga: Rasa Malas Mengancam Masa Depan, Panjatkan Doa Ini Agar Diberi Kemampuan Menghindarinya

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : sonora.id

Baca Lainnya