Kumpulan Doa Harian yang Bisa Diamalkan Setelah Salat Fardhu

Minggu, 01 Januari 2023 | 18:00
Freepik.com

Doa setelah salat fardu

Gridhype.id-Inilah kumpulan doa harian yang bisa diamalkan setelah salat.

Perlu diketahui bahwa kumpulan doa harian yang diamalkan setiap harinya mampu membawa keberkahan.

Bukan hanya untuk kebaikan dunia, kumpulan doa harian ini juga membawa kebaikan di akhirat.

Umat ​​Islam wajib melaksanakan shalat lima waktu. Salah satu manfaat shalat adalah mencegah perbuatan buruk dan tercela.

Sholat, sebagai salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam ajaran Islam, memiliki banyak kelebihan dan manfaat.

“Dari Abu Umama, dia berkata: “Dikatakan kepada Rasulullah: Doa mana yang paling banyak didengar? Rasulullah menjawab: Shalat tengah malam dan doa akhir setelah selesai shalat wajib.” (HR at-Tirmidzi)

Bacaan doa setelah sholat fardhu

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidahu. Ya rabbanaa lakal hamdu kamaa yan baghhi lijalaali wajhika wa’azhiimi sulthaanika. Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa muhammad. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaataana washiyaamanaa warukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadlarru’anaa, watakhasysyu’anaa wata’abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa allah yaa rabbal’aalamiin. Rabbana dzhalamnaa anfusanaa wa-inlamtaghfir lana watarhamnaa lanakuunanna mlnal khaasiriin. Rabbanaa walaa tahmil’alainaa ishran kama hamaltahul’alal ladziina min qablinaa.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Dengan puji yang sebanding dengan nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Ya Allah Tuhan Kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran DzatMu dan Keagungan kekuasaanMu. “Ya Allah! Limpahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya.

Ya Allah terima salat kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyu’ kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama salat ya Allah. Tuhan seru sekalian alam.

Ya Allah, Kami telah aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami akan jadi orang yang sesat. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami. Ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Ya Allah Tuhan kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agamaMu.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Baca Doa Ini untuk Mengakhiri Tahun 2022 dan Mengawali Tahun 2023

a Allah Tuhan kami, janganlah engkau sesatkan hati kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkaulah yang maha Pemurah.

Ya Allah Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa dosa orang tua kami, dan bagi semua orang Islam laki-laki dan perempuan, orang orang mukmin laki-laki dan perempuan. Sesungguhnya Engkau dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Maha suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan. Suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.”

Keutamaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Setiap muslim dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman dalam salah satu surah, yang artinya:

“Sesungguhnya dzikir kepada Allah itu terlebih besar daripada ibadah-ibadah yang lain” (QS. Al-Ankabut: 29).

Selain untuk terus mengingat kebesaran Allah SWT, berdzikir juga memiliki sejumlah manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa manfaat berdzikir untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Menjunjung tinggi perintah Allah SWT
  1. Dijauhi setan
  1. Menghindarkan diri dari perkataan munafik
  1. Menghindarkan diri dari api neraka
Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Menutup Hari dengan Rasa Syukur, Amalkan Setiap Hari

  1. Menerangi hati
  1. Menghindarkan hati dari prasangka buruk
  1. Melembutkan hati dan perasaan
  1. Menghapus dosa-dosa
  1. Menenangkan hati dan pikiran
  1. Meringankan beban berat dalam menjalani hidup

Artikel ini telah tayang diGramedia.comdengan judulBacaan Doa Setelah Sholat dan Manfaatnya Yang Perlu Untuk Diketahui

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Saat Menerima Bantuan yang Tidak Terduga, Amalkan sebagai Wujud Syukur kepada Allah SWT

(*)

Editor : Puspita Rahayu

Sumber : gramedia.com

Baca Lainnya