Inilah Doa Supaya Terhindar dan Terlindungi Dari Bencana Alam, Amalkan

Rabu, 30 Agustus 2023 | 11:42

Kumpulan doa agar terhindar dari bencana alam

Gridhype.id-Berikut adalah kumpulan doa harian yang bisa diamalkan agar terhindar dari bencana alam.

Bencana alam merupakan salah satu peristiwa mengerikan yang ditakuti oleh banyak orang, maka kita bisa meminta pertolongan Allah SWT dengan mengamalkan kumpulan doa harian berikut ini.

Kumpulan doa harian ini dapat diamalkan agar kita terhindar dari bencana alam seperti hujan badai banjir hingga tanah longsor.

Belakangan ini, terjadi banyak bencana alam yang menewaskan ratusan korban.

Mendengar cerita mengenai bencana alam yang melanda sejumlah tempat, tentunya tergugah hati kita untuk dapat melindungi diri dari bencana tersebut.

Pada dasarnya, bencana alam memang terjadi atas izin Allah SWT.

Oleh karena itu, kita sebagai seorang hamba juga diwajibkan untuk memohon pertolongan dari Allah SWT.

Bencana alam yang bisa terjadi di manapun dan kapanpun tentu menuai kekhawatiran di benak banyak orang.

Bukan hanya itu, cuaca yang saat ini sedang tidak stabil juga menjadi penyebab rentannya suatu wilayah terkena bencana alam.

Adapun berdoa menjadi cara terbaik untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

Berdoa merupakan hal yang paling utama dalam kehidupan beribadah setiap orang.

Tidak heran jika kita selalu dianjurkan untuk berdoa dalam setiap keadaan.

Baca Juga: Doa Harian, Mau Jadi Tajir Melintir? Buruan Amalkan Doa Cepat Kaya Ini

Doa Supaya Terlindungi Dari Bencana Alam

Lantas, bacaan doa seperti apa yang bisa diamalkan agar terhindar dari bencana alam?

Seperti dilansir dari laman Tribun Jabar, berikut adalah doa yang bisa dibaca agar terhindar dari bencana:

Doa Saat Hujan Lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya. (Lihat Dzikru wa Tadzkir, Sholih As Sadlan, hal. 28, Asy Syamilah)

Doa Saat Hujan Disertai Angin Kencang

Berdasarkan HR. Imam Muslim kita dapat membacadoaagar terhindar banjirdi bawah ini pada saat terjadi hujan lebat disertaiangin kencang.

"Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih."

Artinya: "Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Doa Tolak Bala

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِيْ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيْلاً

"Alhamdulillah alladzi 'afani mimmabtalaka bihi wafadh dholani 'ala katsirin mimman kholaqo tafdhila."

Artinya:"Segala puji bagi allah yang telah mengafiyahkan aku dari musibah yang menimpamu, yang juga telah memuliakan aku di antara kebanyakan makhluk-nya yang lain".

Doa Keselamatan

اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّیْ اَعُوْذُبِکَ مِنَ الْکُفْرِ وَالْفَقْرِ ، اَللّٰھُمَّ اِنِّی اَعُوْذُ بِکَ مِنَ عَذَابِ الْقَبْرِ، لَا اِلَہَ اِلَّا اَنْتَ

"Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta. Allahumma inni a' udzubika minal kufri wal faqri wa a'udzubika min ' adzabilqabri, laa ilaha illa anta."

Artinya: “Ya Allah, selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau sesuatu yang tidak aku inginkan), Ya Allah selamatkan penglihatanku. Tiada Ilah (yang berhak diibadahi) kecuali engkau ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepadaMU dari kekufuran dan kekafiran, Aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur (tiada Ilah yang berhak diibadahi) kecuali Engkau. (HR. Abu Dawud)

Doa Perlindungan

أَللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْـتَرِفَ عَلَى نَفْسِيْ سُوْءًا أَوْ أَجُرُّهُ إِلَى مُسْلِمٍ

“Allahumma ‘aalima l-ghoibi wa sy-syahaadati faathiro s-samaawaati wa l-ardh, robba kulli syai-‘in wa maliikah, asy-hadu an laa ilaaha illa Anta, a-‘uudzu bika min syarri nafsii, wa min syarri sy-syaithooni wa syirkih, wa an-aqtarifa ‘alaa nafsii suu-‘an au ajurruhu ilaa muslim.”(Dibaca pagi dan sore 1x)

Artinya: “Ya Allah Yang Mahamengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Robb Pencipta langit dan bumi, Robb atas segala sesuatu dan Yang Merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada iIah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau. Aku berlindung ke­pada-Mu dari kejahatan diriku, syaitan dan sekutu­nya, (aku berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan atas diriku atau mendorongseorang muslim kepadanya.”(H.R. at-Tirmizi dan Abu Daud).

Baca Juga: Doa Harian, 4 Bacaan Doa Untuk Mencari Barang yang Hilang agar Cepat Ditemukan, Gak Perlu ke Dukun!

(*)

Tag :

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Jabar

Baca Lainnya