Mantan Atlet Voli Aprilio Manganang Berbahagia Menikah Sang Pujaan Hati Claudya, Begini Perjalanan Hidup dari Masuk TNI Hingga Ganti Kelamin

Selasa, 13 Desember 2022 | 20:30
Instagram

Aprilio Manganang dan istri

GridHype.ID - Mantan atlet putri, Aprilio Manganang membagikan kabar membahagiakan.

Aprilio Manganang akhirnya menikahi pujaan hatinya yang bernama Claudya.

Diketahui, nama Aprilio Manganang dikenal publik setelah penampilannya di lapangan voli.

Mengutip dari Tribunnewsmaker.com, Aprilia Manganang yang kini sudah berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang, mengumumkan kabar pernikahannya, Sabtu (10/12/2022) lewat sebuah unggahan di akunnya di Instagram.

Pernikahan Aprilio Manganang dan Claudya tersebut diketahui dihelat di Sutan Raja Hotel, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Pernikahan ini, seperti menjadi kelanjutan dari titik balik kehidupan Aprilio yang sebelumnya berstatus gender perempuan sebelum diputuskan secara legal oleh pengadilan berganti gender menjadi laki-laki.

Secara sah di mata hukum, Aprilia Manganang berubah gender menjadi laki-laki dan berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang setelah permohonannya dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Tondano pada Maret 2021.

Mengutip dari Serambinews.com, Ketertarikannya di dunia bola voli mulai muncul setelah melihat kakaknya menerima penghasilan dari cabang olahraga itu.

Pada 2011, Aprilia Manganang direkrut tim voli bernama Alko Bandung. Sejak saat itu, nama Aprilia Manganang terus dikenal publik karena kemampuannya hingga dilirik oleh sejumlah tim voli papan atas tanah air.

Pada 2015, Aprilia Manganang direkrut oleh Jakarta Elektrik PLN dan sukses mempersembahkan juara Proliga di musim pertamanya.

Baca Juga: Berhalangan Hadir di Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Ayu Ting Ting Lakukan Hal ini

Di level timnas putri Indonesia, Aprilia Manganang juga sukses mempersembahkan medali perak SEA Games 2017 dan dua perunggu SEA Games (2013 dan 2015).

Karena cedera panjang, Aprilia pun memutuskan untuk pensiun dini dari bola voli pada 2020.

Sebelumnya seperti yang dikabarkan Aprilio Manganang pernah menderita kelainan hipospadia.

Aprilia menderita kelainan hipospadia kategori serius.

Karena keterbatasan peralatan medis, Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan berdasarkan tampilan fisik.

Hingga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI saat itu, yang kini menjabat sebagai Pangliam TNI, Jenderal Andika Perkasa menjelaskan ihwal penyakit Aprilia.

Menurut Jenderal Andika, mengutip Kompas.com, 10 Maret 2021, Aprilia Manganang ketika lahir tidak mendapat perawatan dan pemeriksaan lanjutan meski menderita hipospadia.

Keterbatasan ekonomi keluarga menjadi alasan utama tak ada pemeriksaan lebih lanjut.

Aprilia Manganang pun pada akhirnya tercatat sebagai perempuan di akta kelahiran maupun di kartu tanda penduduk (KTP).

Bergabung TNI AD

Pada 2016, anak dari pasangan Akip Zambrut Manganang dan Suryati Bori ini mengabdikan TNI AD melalui program prestasi.

Saat itu, ia masih berstatus sebagai seorang perempuan.

Baca Juga: Sang Nenek Diminta Komentari Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Felicia Tissue Auto Naik Pitam : Hatimu pada Kemana

"Itulah kenapa AD saat itu memutuskan merekrut Aprilia dalam program rekrutmen khusus Bintara yang berprestasi dan Aprilia termasuk salah satu yang direkrut jadi Bintara TNI AD," kata Jenderal Andika.

Sebagai anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Aprilia Manganang bertugas di bagian jasmani karena memiliki prestasi di bidang olahraga. Di tempat ini, ia mengalami pengalaman unik.

Sebab, ia terpaksa harus berdandan dan memakai sepatu high heels saat acara resmi.

"Saya disuruh pakai rok, sepatu high heels yang tingginya lima senti, dan jalan harus feminim. Saya pun sebenarnya enggak mau ngaku kalau itu saya," tutur Aprilia seraya tertawa.

Jalani Pemeriksaan Medis

Pada 3 Februai 2021, Aprilia menjalani pemeriksaan medis pertama.

Hal ini dilatarbelakangi oleh kejanggalan dalam kondisi fisik Aprilia Manganang yang ditemukan Andika Perkasa dan pejabat lain di TNI.

Andika Perkasa kemudian memanggil Aprilia Manganang ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di RSPAD Gatot Subroto.

Dipastikan laki-laki Hasil pemeriksaan medis menunjukkan Aprilia Manganang lebih memiliki organ tubuh laki-laki.

Tidak hanya itu, kadar hormon testosteron yang identik dengan laki-laki juga ditemukan lebih tinggi di tubuh Aprilia Manganang. Dengan hasil tersebut, maka Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin laki-laki.

Hasil pemeriksaan itu kemudian membuat Andika Perkasa menawarkan Aprilia Manganang naik meja operasi (correction surgery).

"Aprilia Manganang bukan transgender. Bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya," ujar Andika Perkasa.

"Aprilia Manganang menderita kelainan hipospadia. Jadi, selalu kembalikan ke situ," sambungnya.

Baca Juga: Auto Banjir Pujian, Dikenal Tajir Melintir Pernikahan Sisca Kohl Tertutup dan Tampak Sederhana, Netizen : Nggak Norak Umbar Sana Sini

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Serambinews.com, Tribunnewsmaker.com

Baca Lainnya