Tasyakuran Berkonsep Gala Dinner, Ini Daftar Hidangan Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran

Rabu, 30 November 2022 | 19:30
Instagram @erinagudono

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

GridHype.ID - Hari pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tinggal menghitung hari.

Persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono pun semakin matang.

Terbaru, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Iriana Jokowi mendatangi Pura Mangkunegaran Surakarta, Selasa (29/11/2022).

Tak sendiri, Iriana Jokowi ditemani putrinya, Kahiyang Ayu dan menantunya, Selvi Ananda untuk mengecek persiapan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Pengecekan tersebut dilakukan untuk acara tasyakuran ngunduh mantu pada 11 Desember 2022 mendatang.

Terdapat beberapa hidangan untuk jamuan para tamu dicek atau dilakukan food test oleh Iriana Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Selvi Ananda.

Hidangan-hidangan tersebut terdiri dari berbagai camilan dan masakan nusantara.

Sebelumnya, kakak Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo mengatakan hanya Pendopo Pura Mangkunegaran yang digunakan untuk menjamu para tamu dengan konsep layaknya gala dinner.

"Yang jelas di Pura Mangkunegaran tidak ada prosesi adat, tapi di Loji Gandrung, seperti yang disampaikan oleh Pak Erick."

"Di sini memang tasyakuran hampir mirip seperti gala dinner, tidak ada adat sama sekali di sini," jelas Gusti Sura, dikutip dari Kompas.com.

Hidangan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Baca Juga: Jelang Pernikahan, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Ziarah ke Makam Mangkunegaran I hingga IX, Kompak Pakai Busana Serba Hitam

Dikutip dari Tribun Solo, beberapa menu yang akan disajikan dalam pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, antara lain pudding, steamboat, sup iga bakar, fried dory & potato byron, serta peking duck & mie.

Steamboat adalah makanan berkuah yang dimasak di atas panci khusus dengan beragam isian di dalamnya.

Steamboat dikenal sebagai kuliner khas China. Sementara itu, di Jepang bernama shabu-shabu, sedangkan di Thailand disebut suki.

Kemudian fried dory & potato byron adalah menu yang terdiri dari ikan dori goreng dengan balutan saus.

Menu ini dilengkapi kentang panggang yang dipadu dengan krim dan keju.

Lalu untuk menu peking duck & mie yakni daging bebek yang diolah juicy dan empuk.

Dikabarkan, deretan menu tersebut disajikan oleh Sonokembang Catering yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, gladi kotor pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono juga telah dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Mengutip Kompas.com, Erick Thohir yang juga diberi tanggung jawab acara penikahan mengatakan, pemetaan kesiapan ngunduh mantu mulai dari Loji Gandrung hingga Puro Mangkunegaran.

Erick menjelaskan, ada dua tempat yang dipersiapkan untuk menjamu para tamu undangan yang hadir dalam pernikahan ini.

"(Acara adat) Ngunduh mantunya itu kan di Loji Gandrung, semua acaranya di sana. Baru naik kereta ke sini (Puro Mangkunegaran), lebih tasyakuran," katanya setelah gladi kotor di Puro Mangkunegaran, Minggu (27/11/2022).

Baca Juga: Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Iriana Jokowi Lakukan Test Food untuk Acara Ngunduh Mantu, Yuk Intip Menunya!

Penggunaan kereta kencana direncanakan akan ditumpangi kedua mempelai dan rombongan keluarga. Kereta kencana akan berangkat dari Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran melalui Jalan Slamet Riyadi kemudian Jalan Diponegoro, Kota Solo.

"Ini juga melibatkan masyarakat. (kirab kereta kencana) rencana gitu, jadi itu ada kurang lebih 9 sampai 10 kereta, ya di mana nanti pengantin menyapa masyarakat," katanya.

Sepanjang gelaran kirab kereta kencana ini, Erick memastikan ada sembilan panggung hiburan yang akan memanjakan mata para warga yang datang.

Diketahui, pada Minggu (11/12/2022) juga bertepatan dengan Car Free Day (CDF) yang berlangsung setiap minggu.

"Ada pesta rakyat, ada sembilan kegiatan, ada musisi dari masyarakat. Kesenian masyarakat kita libatkan. Kegiatan masyarakat ya tetap berjalan aktivitas normal, tidak ada gangguan (panggung hiburan) di titik-titik yang kita lewati tadi," ujarnya.

Dalam rombongan gladi kotor ini, Erick Thohir ditemani oleh Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Kaesang Pangarep Dapat Tantangan Ini dari Kahiyang Ayu Jelang Pernikahannya, Calon Suami Erina Gudono Ungkap Lewat Unggahannya

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya