Kumpulan Doa Harian, Ini Dia Doa Sekaligus Amalan yang Bisa Mengubah Takdir Jadi Baik

Senin, 21 November 2022 | 08:00
Freepik

Kumpulan doa harian

GridHype.ID -Kumpulan doa harian berikut ini akan membagikan bacaan doa agar kamu sebagai umat Islambisa mendapatkan takdir baik.

Selain itu, kumpulan doa harian ini juga akan menyajikan beberapa amalan yang bisa mengubah menjadi takdir baik.

Yuk simak kumpulan doa harian berikut sampai akhir!

Melansir dari TribunJabar.id, takdir sesuatu hal yang telah digariskan oleh Allah SWT.

Bahkan kita sebagai manusia tidak akan mengetahui takdir hidup kita seperti apa.

Sebab hanya Allah yang maha mengetahui, segala sesuatu di dunia ini.

Sebagaimana firman Allah dalam Surat Al-Anam ayat 59:

Artinya: “Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya, dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata”.

Akan tetapi bahwa sesungguhnya ada hal yang bisa mengubah takdir, suatu takdir yang bisa diperbaiki, selagi berusaha memperbaiki.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Ar -Ra’d ayat 11.

إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Agar Dipermudah Segala Urusan Sehari-hari

Innallaaha laa yughayyiru maa biqaumin hattaa yughayyiruu maa bi anfusihim.

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

Hal yang bisa mengubah takdir yakni dengan berdoa.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa.” (HR. Ahmad)

Dengan demikian doa akan mengantarkan pada kehidupan yang lebih baik.

Berikut Doa sesuatu yang terjadi agar menjadi takdir baik.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الجَنَّةَ وَمَا قرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَولٍ أَوْ عَمَلٍ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مَنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

Allohumma inni as-aluka minal khoiri kullihi ‘aajilih wa aajilih, maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Wa a’udzu bika minasy syarri kullihi ‘aajilih wa aajilih maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Allohumma inni as-aluka min khoiri maa sa-alaka ‘abduka wa nabiyyuk muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Wa a’udzu bika min syarri maa ‘aadza bihi ‘abduka wa nabiyyuk. Allohumma inni as-alukal jannah wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal. Wa ‘audzu bika minan naari wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal. Wa as-aluka an taj’ala kulla qodhoo-in qodhoitahu lii khoiroo.

Artinya: ”Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semua kebaikan yang disegerakan maupun yang ditunda, apa yang aku ketahui maupun tidak aku ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari semua keburukan, baik yang disegerakan maupun yang ditunda, yang aku ketahui maupun yang tidak aku ketahui.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ini Dia Amalan Doa agar Anak Lancar Bicara, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dari kebaikan apa yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari apa yang diminta perlindungan oleh hamba dan nabi-Mu.”

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan maupun perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang mendekatkan kepadanya baik berupa ucapan atau perbuatan. Dan aku memohon kepada-Mu semua takdir yang Engkau tentukan baik untukku.” (HR. Ibnu Majah).

Selain berdoa adapun amalan yang bisa mengubah takdir.

Amal Kebaikan

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Beramallah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan/ibadah) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukan-Nya padamu.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Sedekah

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menoalak ketentuan yang buruk.” (HR. Thabrani)

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani)

“Sesungguhnya sedekah dan silaturahmi itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (HR. Abu Ya’ala Alhambii)

Begitu pun takdir ditentukan oleh manusia itu sendiri, maka dari itu bagi hamba yang senantiasa bersungguh-sungguh mengerjakan, bahwa yang tercatat dalam Lauhul Mahfudz itu akan berubah dengan sesuatu takdir yang baik.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Bacaan Doa Agar Takdir Baik, Dengan Amalan Sedekah Bisa Mengubah Takdir"

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Khusus Pasangan Suami Istri Bacalah Doa ini Agar Segera Mendapatkan Momongan

(*)

Editor : Helna Estalansa

Sumber : TribunJabar.id

Baca Lainnya