Aneka Tips Hari Ini, Sering Sulit untuk Dibersihkan, Catat! Cara Jitu Membersihkan Noda Buih di Kamar Mandi

Sabtu, 19 November 2022 | 19:45
iStockphoto

Ilustrasi membersihkan kamar mandi

GridHype.ID - Disadari atau tidak meski rutin dibersihkan, noda buih sabun di kamar mandi kerap membandel dan sulit dihilangkan.

Di sekitar pancuran dan shower kerap kali noda buih sabun itu bisa ditemukan.

Tak hanya noda buih sabun juga biasa ditemui di area saluran air dan di antara

Dilansir Express.co.uk, Sabtu (19/11/2022) buih sabun adalah lapisan tebal yang terbentuk saat endapan sabun berinteraksi dengan mineral dalam air keran.

Sama seperti noda kerak, noda bergelembung seringkali lebih buruk di area air sadah dengan konsentrasi garam mineral yang lebih tinggi.

Melunakkan air keran adalah salah satu cara untuk mengurangi buih sabun dalam jangka panjang, meskipun ada beberapa cara lain untuk menghilangkan dan mencegah buih sabun menggunakan bahan alami, seperti cuka putih dan soda kue.

Menurut seorang ahli kebersihan di Bob Vila, zat kental terbentuk ketika campuran bahan yang terdapat dalam sabun mandi dan pembersih lainnya bereaksi satu sama lain.

Sementara penumpukan yang membandel dan bersisik terbentuk ketika asam lemak, bedak, dan bahan lain dalam sabun batangan bereaksi dengan mineral dalam air sadah, buih sabun juga mengandung minyak tubuh, kotoran, serpihan kulit mati, dan bakteri.

Seperti kebanyakan noda, semakin cepat kamu bertindak, semakin mudah menghilangkan buih sabun yang bisa menjadi hampir padat jika dibiarkan terlalu lama.

Berikut cara mengatasi bekas buih sabun di lubang pembuangan atau drainase.

Baca Juga: Terancam Dibui,Widy Vierratale Justru Soroti Sikap Fans Usai Terkena Skandal Pornografi Saat Manggung di Palu

Gunakan soda kue dan cuka

Pakar kebersihan di Bob Vila berkata, tuang secangkir soda kue ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan cuka putih secukupnya untuk membuat pasta.

Setelah campuran berhenti mendesis, gunakan spons untuk mengoleskannya ke drainase kamar mandi dan bathtub, lalu diamkan selama sekitar 15 menit.

Seka permukaan dengan spons anti gores, bilas hingga bersih dengan air, lalu keringkan.

Gunakan cuka dan sabun cuci piring

Untuk larutan yang tidak terlalu abrasif, campurkan cuka dan sabun cuci piring untuk membersihkan residu berminyak di kamar mandi.

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot kosong dan tambahkan satu sendok makan sabun cuci piring.

Semprotkan larutan pada buih sabun dan biarkan selama sekitar 15 menit.

Saat kamu kembali, gosok dengan sikat gosok berbulu lembut, dan bilas dengan air panas. Keringkan sampai bersih.

Bagaimana mencegah kerak buih sabun?

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati dalam hal pembersihan, dan ada beberapa cara mudah untuk menjauhkan buih sabun.

Ganti sabun batangan dengan cairan:

Anehnya, sabun cair jauh lebih tidak mudah meninggalkan noda daripada sabun batangan, jadi melakukan peralihan sederhana dapat benar-benar bermanfaat saat membersihkan.

Baca Juga: Anti Pasaran, Inilah Rekomendasi Nama Bayi Laki-laki Islami yang Langka

Pakar nasihat rumah mengatakan, "Asam lemak dalam sabun batangan yang menyebabkan buih sabun, jadi jika kamu beralih ke sabun cair atau shower gel, kamu akan melihat penurunan residu yang signifikan."

Jaga agar kamar mandi tetap kering:

Selain menjaga kebersihan permukaan, mengeringkan bathub, pancuran, dan wastafel juga berguna untuk melawan buih sabun.

Yang kamu butuhkan hanyalah alat pembersih yg terbuat dari karet atau handuk kering untuk menyeka sisa sabun setelah digunakan.

Baca Juga: Viral Tagar RIP Twitter di Media Sosial, Aplikasi Bakal Ditutup? Ini Faktanya

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : kompas, Express Co UK

Baca Lainnya