Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Agar Hati dan Pikiran Tenang dari Masalah Hidup

Selasa, 18 Oktober 2022 | 05:00
pixabay

ilustasi berdoa

Gridhype.id- Kumpulan doa harian. Berikut adalah bacaan doa agar hati dan pikiran tenang saat menghadapi masalah.

Ada banyak kumpulan doa harian yang bisa diamalkan dalam berbagai kesempatan, salah satunya adalah doa agar hati dan pikiran tenang.

Menjadi salah satu bagian dari kumpulan doa harian, doa agar hati dan pikiran tenang menjadi cara mujarab untuk menghadapi masalah yang datang.

Sebagai manusia biasa, kita tentu kerap mendapati masalah datang silih berganti.

Bahkan, masalah tersebut justru bisa menurunkan semangat hingga menghilangkan gairah hidup.

Dalam kondisi tertentu, seseorang bisa saja berputus asa dan melakukan perbuatan buruk lantaran tidak mampu mengendalikan diri.

Padahal, cara terbaik untuk menghadapi masalah adalah dengan melibatkan Allah SWT.

Dengan demikian, kita bisa memohon ketenangan hati dan pikiran guna menyelesaikan masalah yang ada.

Lantas, bagaimana bacaan doa tersebut?

Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang berbunyi :

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengalami kesulitan, beliau mengucapkan:

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَقُوْلُ عِنْدَ الكَرْبِ : (( لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَظِيمُ الحَليمُ ، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيْمِ ، لاَ إلهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ، وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ )) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Lengkapi Ibadah Sholat Fardhu dengan Berdzikir, Ini Bacaan Lengkapnya

Latin: LAA ILAAHA ILLALLOH AL-‘AZHIIM AL-HALIIM, LAA ILAAHA ILLALLOH ROBBUL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. LAA ILAAHA ILLALLOH, ROBBUS SAMAAWAATI WA ROBBUL ARDHI WA ROBBUL ‘ARSYIL KARIIM.

Artinya: Tiada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah yang Maha Agung dan Maha Santun. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah, Rabb yang menguasai ‘arsy, yang Maha Agung. Tiada ilah(sesembahan) yang berhak disembah selain Allah – (Dia) Rabb yang menguasai langit, (Dia) Rabb yang menguasai bumi, dan (Dia) Rabb yang menguasai ‘arsy, lagi Mahamulia]. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dilansir dari laman Tribun Sulbar, berikut adalah alternatif bacaan doa agar hati dan pikiran tenang:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Latin: Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Doa ini diriwayatkan Imam Thabrani dari Abu Umamah, dia berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya: “Sesungguhnya Nabi SAW. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, ‘Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.’”

Artikel ini telah tayang di atribun Sulbar dengan judul Doa Islam-Bacaan Doa Agar Hati dan Pikiran Tenang Saat Pusing dengan Masalah (16/10/2022).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Amalkan Doa Saat Bercermin Agar Tampak Cantik

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribun Sulbar

Baca Lainnya