Viral Utas Soal Kurir Bawa Kabur Paket, Intip Hal yang Perlu Dilakukan Saat Hal Kita Kehilangan Paket, Jangan Panik!

Minggu, 16 Oktober 2022 | 07:45
freepik.com

ilustrasi kurir

GridHype.ID - Beberapa waktu lalu di Twitter tengah ramai soal kasus kurir yang membawa kabur paket pelanggan Tokopedia.

Cerita soal kasus tersebut diunggah oleh sebuah akun Twitter pada Minggu (9/10/22).

Dalam utas yang diunggah, korban menyatakan jika total ada 5 laptop yang dibawa kabur.

"Kejadian di gua juga total 5 Laptop dibawa kabur sama kurir," tulisnya.

Pengunggah pun kemudian langsung ke Tokopedia untuk menjelaskan kronologi yang terjadi.

Kejadian itu kembali terulang pada pengiriman untuk laptop keduanya.

Pengunggah mengaku sempat mendapatkan identitas pelaku kurir tersebut oleh pihak toko tempatnya membeli laptop.

Namun setelah dicek, salah satu KTP milik kurir tersebut tidak valid.

"Setelah gua cek informasi salah satu kurirnya yaitu KTP kaya gak valid beneran orang tersebut, karena gua cek di sosmed ngga mirip sama foto pelaku," terang dia.

Baca Juga: Murah Banget! Ternyata Begini Spesifikasi dan Harga HP Vivo Y12

Selanjutnya, pengunggah melakukan proses klaim asuransi sebagaimana yang diinformasikan oleh pihak Tokopedia.

"Estimasi waktunya maksimal 14 hari kerja, tapi sampai saat ini belum ada dana yang kembali. Informasi dari CS Tokopedia Care hanya diminta menunggu sambil dimaksimalkan prosesnya, tapi gatau prosesnya sampai mana," terangnya.

Nahasnya, kejadian kurir membawa kabur paket itu kembali menimpa pengunggah pada 6 Oktober 2022.

Saat itu, 3 unit laptop dibawa kabur oleh kurir.

Pengunggah cukup beruntung karena dirinya menggunakan asuransi untuk paket yang dibelinya.

Namun, di saat yang bersamaan, pengunggah juga menyayangkan proses klaim dari Tokopedia yang terkesan terbelit-belit.

Terbaru, pada 10 Oktober 2022 lalu, pengunggah mengaku telah mendapat pengembalian limit ke kartu kredit miliknya untuk 3 transaksi tersebut.

"Namun di CC belum kembali (pihak Bank) dan diminta cek berkala maksimal hingga 28 Oktober," terangnya.

Baca Juga: Nggak Sengaja Pakai Baju Warna Senada, Ayu Ting Ting dan Nicky Tirta Digoda Ruben Onsu Gara-gara Gelagat Aneh ini

Tanggapan Tokopedia

Sementara itu, Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan mitra logistik untuk melakukan investigasi.

"Kami pun terus berkomunikasi secara transparan dengan pengguna perihal proses maupun hasil investigasi," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Di sisi lain, Ekhel menuturkan bahwa dirinya akan membantu proses klaim asuransi pengguna berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku dan memastikan pengguna mendapatkan haknya.

Namun, tidak dijelaskan berapa lama waktu proses klaim asuransi tersebut.

Hingga saat ini, Tokopedia menyediakan berbagai produk asuransi dengan premi yang sangat terjangkau dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memberikan perlindungan lebih terhadap produk yang dibeli.

Tak hanya itu, Ekhel juga menjamin keamanan berbelanja di Tokopedia dengan memberikan inisiatif berupa sistem rekening bersama dalam bertransaksi.

"Sistem ini (rekening bersama) membuat dana hanya akan diteruskan ke penjual saat pembeli menerima barang sesuai pesanan," jela Ekhel.

Ekhel menyadari, sebagai bisnis reputasi dan kepercayaan, Tokopedia selalu berupaya memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam bertransaksi melalui platform mereka.

Adapun bagi pengguna yang mengalami kendala saat saat bertransaksi, mereka dapat menghubungi Tokopedia melalui Pusat Resolusi yang tersedia 24 jam setiap hari.

Baca Juga: Disebut Sempat Dekat dengan Olga Syahputra, Biodata Bunda Corla yang Tengah jadi Perbincangan di Media Sosial Media

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : GridFame.ID

Baca Lainnya