Kumpulan Doa Harian, Berikut Doa Saat Marah yang Bisa Diamalkan untuk Mengendalikan Emosi

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 05:00
Freepik via buku.kompas.com

Ilustrasi marah

Gridhype.id- Kumpulan doa harian.Berikut adalah bacaandoa saat marahyang bisa diamalkan agar tidak berlarut dalam emosi buruk.

Dalam setiap kesempatan kita diwajibkan membaca kumpulan doa, bahkan juga saat marah. Maka kita bisa mengamalkan doa saat marah.

Memanjatkan doa saat marahmenjadi cara terbaik untuk mengelola emosi dengan cara berserah pada Allah SWT yang terdapat di beberapa kumpulan doa.

Sebagai manusia biasa, kita tidak luput dari rasa marah yang kerap datang menerpa.

Namun, hal tersebut tak boleh dipelihara hingga menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain.

Rasulullah SAW pernah bersabda soal rasa marah yang dialami oleh manusia:

“Aku ini hanya manusia biasa, aku bisa senang sebagaimana manusia senang, dan aku bisa marah sebagaimana manusia marah”.

Lantas, bagaimana bacaandoa saat marahyang bisa diamalkan?

Dilansir dari lamanTribun Jogja,berikut adalah bacaan tersebut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ ، وَأَذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِيْ ، وَأَجِرْنِيْ مِنَ الشَّيْطَانِ

Allâhummaghfirlî dzanbî, wa adzhib ghaizha qalbî, wa ajirnî minas syaithâni.

Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Ya Allah aku memohon ampun kepada Mu dan mohon hilangkan murka hatiku dan lindungiku dari setan yang terkutuk.”(Muttafaqun'alaih).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini Setiap Sujud Terakhir Salat Wajib, Ampuh Luluhkan Hati Pasangan atau Mertua

Dalam Al Qur’an surat Al A’raf ayat 150, terdapat cerita tentang amarah Nabi Musa terhadap saudaranya:

Dan tatkala Musa telah kembali kepada kaumnya dengan marah dan sedih hati berkatalah dia: "Alangkah buruknya perbuatan yang kamu kerjakan sesudah kepergianku! Apakah kamu hendak mendahului janji Tuhanmu? Dan Musapun melemparkan luh-luh (Taurat) itu dan memegang (rambut) kepala saudaranya (Harun) sambil menariknya ke arahnya, Harun berkata: "Hai anak ibuku, sesungguhnya kaum ini telah menganggapku lemah dan hampir-hampir mereka membunuhku, sebab itu janganlah kamu menjadikan musuh-musuh gembira melihatku, dan janganlah kamu masukkan aku ke dalam golongan orang-orang yang zalim"

Ayat tersebut mengisahkan rasa marah Nabi Musa yag mengetahui penyelewengan kaumnya.

Nabi Musa mendapati kaumnya telah menjadi penyembah sapi dan pengikut samiri.

Kemudian, Nabi Musa lantas marah kepada Harun lantaran dianggap tidak menjaga amanah dan membiarkan penyelewengan itu terjadi.

Artikel ini telah tayang diTribun Jogjahttps://jogja.tribunnews.com/2022/09/21/bacalah-doa-ini-ketika-kamu-sedang-marah?page=all

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Amalkan Doa Mohon Keadilan Saat Didera Kedzaliman, Upaya Minta Pertolongan dari Allah SWT

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Jogja

Baca Lainnya