Kumpulan Doa Harian, Berikut Tata Cara Salat Hajat yang Bisa Dilakukan sebagai Upaya Memohon Terwujudnya Impian

Minggu, 11 September 2022 | 05:00
Pexels

Ilustrasi ibadah salat

Gridhype.id-Kumpulan doa harian.Beginitata cara salat hajatyang merupakan salat sunnah dengan banyak keistimewaan.

Salat hajatmerupakan salah satu salat sunnah yang dikerjakan ketika seorang hamba memiliki hajat atau suatu keinginan.

Bukan hanya sekadar berusaha, kita bisa memohon agar keinginan terkabul dengan cara melakukansalat hajat.

Hadist Rasulullah SAW merupakan salah satu dalil yang menganjurkan kita untuk mengamalkan salat hajat apabila memiliki suatu keinginan.

Adapun dalil tersebut adalah sebagai berikut:

أَنَّ رَجُلاً ضَرِيرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِيَّ فَقَالَ: ادْعُ اللهَ لِي أَنْ يُعَافِيَنِي. فَقَالَ: إِنْ شِئْتَ أَخَّرْتُ لَكَ وَهُوَ خَيْرٌ وَإِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ. فَقَالَ: ادْعُهْ. فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ وَيُصَلِّىَ رَكْعَتَيْنِ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

Artinya:

"Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, “Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendo’akanmu.” Orang itu pun mengatakan, “Do’akanlah.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa’atnya untukku.” (HR. Ibnu Majah dan At Tirmidzi).

Adapun tata carasalat hajattidak jauh berbeda dengan salat sunnah lainnya.

Salat hajatdapat dilaksanakan dengan dua rakaat dan diawali dengan membaca niat.

Niat Salat Hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa Sebelum dan Setelah Bangun Tidur Berikut ini Sesuai Anjuran Rasulullah

Latin:

“Usholli sunnatal-haajati rok’atayni lillahi ta’aala”.

Artinya:

“Saya berniat sholat sunnah hajat dua roka’at karena Allah Ta’aala”.

Waktu pengerjaansalat hajattidak terikat waktu, namun lebih istimewa diamalkan di saat tertentu seperti sepertiga malam.

Setelah melakukansalat hajat,berikut bacaan doa yang bisa diamalkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa’atnya untukku.”

Setelah itu, dapat pula dilanjutkan dengan doa berikut ini:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Artinya:

“Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Mahamulia, Mahasuci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji millik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Ini Bacaan Dzikir Pendek yang Mudah Dihafal, Amalkan 100 Kali Tiap Pagi agar Rezeki Lancar

Artikel ini telah tayang diTribun Pontianakdengan judulTata Cara Salat Hajat Lengkap Bacaan Doa yang Dianjurkan(2/9/2022).

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Pontianak

Baca Lainnya