Aneka Tips Harian, Gak Perlu Lagi Boros Tagihan Listrik, Ini Dia Trik Mendinginkan Ruangan Tanpa Menyalakan AC, Buruan Coba!

Kamis, 08 September 2022 | 09:30
KOMPAS.COM

Ilustrasi pendingin ruangan atau AC di ruangan dengan kaca besar.

GridHype.ID - Aneka tips harian, membuat ruangan menjadi dingin rupanya tak harus selalu menyalakan AC.

Sejumlah orang yang mengeluhkan ruangan panas mungkin akan segera menyalakan AC untuk mendinginkan ruangan.

Padahal ada trik sederhana yang bisa dipraktikan untuk mendinginkan ruangan tanpa menyalakan AC.

Apalagi terus-terusan menyalakan AC sepanjang hari bisa membuat tagihan listrik membengkak.

Belum lagi penggunaan AC yang disebut-sebut bisa jadi faktor penyumbang penyebab pemanasan global.

Maka dari itu, ada beberapa trik yang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan atau menyalakan AC untuk mendinginkan ruangan.

Dengan menerapkan trik tersebut, kamu dapat menghemat uang, meminimalisir jejak karbon, bahkan menempatkanmu pada alur yang lebih baik dengan alam.

Mengutip Kompas.com dari One Green Planet, Senin (5/9/2022), berikut ini adalah trik mendinginkan ruangan tanpa menyalakan AC.

Tutup gorden pada siang hari

Menutup gorden pada siang hari membantu mencegah sinar matahari masuk ke dalam ruangan sehingga tidak memunculkan hawa yang panas.

Langkah ini sangat berlaku untuk jendela yang menghadap ke selatan dan barat. Trik ini akan lebih baik dilakukan apabila menggunakan gorden atau tirai gelap.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Mulai Sekarang Hindari Kebiasaan Bermain di Kulkas Kalau Tak Mau Tagihan Listrikmu Bengkak

Buka jendela dan pintu (interior) pada malam hari

Setelah matahari terbenam, saatnya membuka jendela dan pintu interior agar udara malam yang sejuk dan angin sepoi-sepoi dapat bersirkulasi di dalam rumah.

Jadi, daripada menyalakan AC sepanjang malam, lakukan langkah di atas agar dapat memberi kebaikan pada bumi.

Gunakan lampu LED untuk meminimalisir panas

Sebagian besar bola lampu mengeluarkan panas dalam jumlah besar sehingga sering kali cukup untuk memanaskan ruangan.

Jadi, sebaiknya gunakan lampu LED yang bertahan lebih lama dan tetap menggunakan lebih sedikit energi untuk meminimalisir rasa panas.

Selain itu, kamu mungkin dapat menghindari penggunaan peralatan tertentu.

Seperti oven (pilih makanan yang tidak dipanggang) dan mesin pengering (gantung pakaian) untuk mencegah pemanasan lebih lanjut di ruangan rumah.

Ciptakan udara sejuk dengan kipas angin

Kipas angin menggunakan energi listrik yang jauh lebih sedikit daripada AC dan tetap memberikan bantuan saat kondisi panas.

Daripada AC, lebih baik nyalakan kipas angin untuk menyejukkan tubuhmu dari rasa panas.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Sepele Tapi Sering Diabaikan oleh Banyak Orang, Begini Cara Membersihkan Kaca Jendela Tanpa Menggores Permukaannya

Tapi, kipas angin memusatkan energi mereka ke seseorang agar tidak merasa panas, bukan untuk mendinginkan seluruh ruangan.

Bahkan, kamu bisa membuat kipas angin memunculkan hawa sejuk yang sama seperti AC.

Caranya adalah dengan membekukan air di dalam botol plastik bekas.

Saat ruangan terasa panas, letakkan botol yang berisi es di belakang kipas angin sehingga menyedot udara dingin dari sekitarnya dan menyebarkannya ke dalam ruangan.

Ketika air di botol mencair, bekukan lagi untuk penggunaan berikutnya agar air atau esnya bisa dipakai berulang-ulang sehingga tidak terbuang percuma.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Tolong Mulai Sekarang STOP Kebiasaan Tak Cabut Charger HP dari Stopkontak, Bahayanya untuk Seisi Rumah Gak Main-main

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya