Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Meminta Keselamatan untuk Bangsa dan Negara, Sebagai Wujud Kecintaan pada Negeri Melalui Ridho Allah SWT

Minggu, 04 September 2022 | 05:00
Pexels

Illustrasi seorang laki-laki memegang bendera Indonesia

Gridhype.id- Kumpulan Doa Harian. Ada amalan yang bisa dilakukan untuk keselamatan bangsa, salah satunya doa meminta keselamatan untuk negara dan bangsa.

Doa meminta keselamatan untuk negara dan bangsa merupakan sebuah upaya baik untuk memohon pertolongan Allah SWT atas kehidupan berbangsa.

Saat ini ada banyak kejadian yang kerap membuat masyarakat merasa khawatir, maka dari itu kita dianjurkan untuk membaca doa meminta keselamatan untuk negara dan bangsa.

Hidup di negara yang beranekaragam budaya dan kepercayaan, tidak heran jika kerap muncul masalah.

Meski demikian, diharapkan agar hal tersebut tidak menimbulkan adanya perpecahan di dalam negara.

Doa meminta keselamatan untuk negara dan bangsa menjadi salah satu amalan yang sangat baik dilakukan oleh warga negara.

Tak selalu soal diri sendiri, seorang warga negara juga wajib melakukan yang terbaik untuk bangsanya, salah satunya melalui doa.

Dilansir dari lamanTribun Jabar,berikut adalah doa yang bisa diamalkan:

Doakeselamatandan rasa amannegara

رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِناً وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

Allahummaj'al hadzal balada aminaw wajnubni wa baniyya an na'budal ashnam.

Artinya:

"Ya Tuhanku, jadikan negeri ini negeri yang aman, jauhkanku beserta anak cucuku dari menyembah berhala-berhala." (Al Quran Surat Ibrahim: 35)

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa ini jika Dihadapkan dengan Kebingungan Agar Allah SWT Beri Putunjuk

Doa untuk pemerintah

اللهم اجعل بلادنا بلدة طيبة ترضاها واجعل شعبنا شعبا صالحا طائعا لإرادتك واهد زعماءنا صراطك المستقيم وسهلهم لوفاء أماناتهم وعهدهم وصولا إلى الانطلاق لحياة شعبنا نحو مستقبلهم الزاهر

Allohumma ij’al biladana baldatan thoyyibatan tardhoha waj’al sya’bana sya’ban shālihan thā’ian li iradiatika wahdi zu’amaana shirothokal mustaqīm wa sahhilhum li wafai amānātihim wa ‘ahdihim wushulan ilal inthilaq li hayati sya’bina nahwa mustaqbalihimuz zahir.

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah negeri kami sebagai negeri yang maju yang Engkau ridai. Jadikanlahbangsakami sebagaibangsayang saleh dan taat pada kehendak-Mu."

"Berikanlah petunjuk jalan yang lurus untuk pemimpin-pemimpin kami."

"Berikanlah kemudahan bagi mereka untuk menunaikan tanggung jawab dan janjinya (sebagai pemimpin) untuk keberhasilan kehidupanbangsakami menuju masa depan yang cerah menjanjikan."

Doa meminta syafaat untukbangsadannegaraIndonesia

Untuk meminta syafaat, umatmuslimdapat memanjatkandoaqunut nazilah dandoatolak bala.

Berikut inidoanya:

Berikut ini bacaandoatolak bala

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Semoga Anak-anakmu Soleh dan Sholehah, Inilah Bacaan Doa yang Bisa Diamalkan oleh Para Orang Tua

Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal balaa’a wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana min balaadinaa haadhaaa khaassatan wa min buldaanilmuslimiina aammatan. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Artinya:

"Ya Allah Tuhan kami. Hindarkanlah kami dari malapetaka, bala dan bencana, kekejian dan kemunkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan tersembunyi dalamnegarakami khususnya, dan dalamnegarakaummuslimin umumnya. Sesungguhnya Engkau Ya Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatu."

Dengan membaca beberapa doa di atas, berarti kita sebagai warga negara telah turut serta berusaha mencapai kedamaian bangsa melalui keterlibatan Allah SWT.

Artikel ini telah tayang diTribun Jabardengan judulBacaan Doa-Doa Meminta Keselamatan untuk Negara dan Bangsa, Cocok Dipanjatkan di Momen Kemerdekaan(16/8/2022).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacaan Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri, Baik Diamalkan Agar Diberi Keberkahan dan Keturunan dan Salih Salihah

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Tribun Jabar

Baca Lainnya