Kumpulan Doa Harian, Amalkan Doa Ketika Kesusahan Agar Diberi Jalan Terbaik Melaluinya dengan Pertolongan Allah SWT

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:15
pinterest

Berdoa

Gridhype.id- Kumpulan doa harian.Doa ketika kesusahandapat dipanjatkan sebagai salah satu upaya untuk meminta pertolongan dari Allah SWT.

Pada dasarnya, kita memang dianjurkan untuk selalu berdoa dalam setiap kesempatan, salah satunya memanjatkandoa ketika kesulitan.

Doa ketika kesulitandapat diamalkan sebagai jalan terbaik memohon bantuan Allah atas jalan keluar.

Sebagai manusia biasa, tidak heran jika kita kerap mendapati banyak masalah datang silih berganti.

Meski demikian, hendaknya masalah tersebut tidak membuat kita menjadi putus asa dan hilang arah.

Alih-alih berduka hati, ada baiknya untuk membacadoa ketika kesulitan.

Dengan membaca doa, berarti kita percaya bahwa Allah adalah sebaik-baiknya pemberi pertolongan.

Maka dari itu diharapkan agar kita bisa menyelesaikan kesulitan yang datang dengan cara terbaik.

Sebenarnya, terdapat beberapa doayang bisa dipanjatkan ketika mendapat kesulitan.

Adapun salah satu doa tersebut pernah dipanjatkan oleh Nabi Muhammad SAW saat beliau mengalami penderitaan dan kesusahan.

Ustaz Khalid Basalamah pernah membahas soal doa tersebut.

"Bahwasanya Nabi SAW berdoa ketika kesusahan, misalnya pasukan perang, beliau berharap bisa menang, ada masalah-masalah paceklik yang sedang datang, musim panas," jelasnyadilansirBanjarmasin Post.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Inilah Bacaan Doa Ketika Bercermin, Menjadi Upaya Memohon Kecantikan dan Ketampanan kepada Allah SWT

Doa tersebut diriwayatkan hadist Dari Ibnu Abas ra. yang menceritakan bahwa Rasulullah SAWapabila mengalami kesulitan beliau membaca doa ini:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ

وَرَبُّ الْأَرْضِ

وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Laa ilaaha illallahul ‘adziimul haliim, laa ilaaha illallahu rabbu; ‘arsyil ‘adziim, laa ilaaha illallahu rabbus samaawaati, wa rabbul ardhi, wa rabbul ‘arsyhil kariim.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Agung lagi Maha Penyantun, Tidak ada Tuhan selain Allah, Rabb ‘Arasy yang Agung. Tidak ada Tuhan selain Allah, Rabb langit dan Rabb bumi, Rabb ‘Arsy yang mulia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadist lain, dari Abu Bakrah ra., menceritakan bahwa Rasulullah SAWpernah mengajarkan doa ini di kala resah, gundah menghadapi kesulitan atau kesusahan:

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ

وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma rahmataka arjuu falaa takilnii ilaa nafsii tharfata ‘ainin wa-ashlih lii sya’nii kullah, laa ilaaha illa anta.

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacalah Doa Sapu Jagat, Mohon Keselematan dan Perlindungan Dijauhkan dari Api Neraka

Artinya: “Ya Allah, aku mengharapkan rahmat-Mu, maka janganlah engkau serahkan aku kepada diriku barang sekejap mata pun, dan perbaikilah keadaanku seluruhnya, tidak ada Tuhan selain Engkau.” (HR. Daud).

Adapun riwayat lain dari Imam Muslim menyebut bahwa Nabi SAW membaca doa berikut ketika beliau merasa kesusahan oleh suatu perkara:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ

Latin: Yaa hayyu yaa qayyuum birahmatika astaghiits.

Artinya: “Wahai Yang Maha Abadi, Wahai Yang Mengurus makhluk-makhluk-Nya secara terus-menerus, aku memohon pertolongan dengan rahmat-Mu.” (HR. Muslim. Imam Hakim mengatakan hadis ini sanadnya shahih).

Artikel ini telah tayang dibanjarmasinpost.comdengan judulDoa Rasulullah Ketika Kesusahan Dijabarkan Ustaz Khalid Basalamah, Baik Dibaca Ketika Ada Masalah(19/5/2022).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian, Bacaan yang Bisa Diamalkan Saat Sedang Kasmaran, Ini Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Dicintai

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Banjarmasinpost

Baca Lainnya