Aneka Tips Harian, Terbukti Bisa Bikin Hidup Lebih Bahagia, Begini Cara Memaksimalkan Cahaya Matahari agar Masuk ke Rumah

Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:45
Tab RUMAH

Ruang yang terpapar langsung cahaya matahari

GridHype.ID - Sinar matahari yang cukup akan membuat ruangan menjadi lebih terang bahkan bisa mempengaruhi hati seseorang.

Pengaruh cahaya matahari dalam hidup seseorang bahkan telah dibuktikan dalam survei yangdilakukan oleh Roof Window Outlet.

Dari survei tersebut diperolehlah hasil jika 52 persen orang Inggris mengatakan bahwa sinar matahari yang menyinari rumah membuat mereka lebih bahagia daripada elemen lainnya.

Faktanya, 42 persen responden menyatakan bahwa tingkat kesehatan mereka secara keseluruhan termasuk relaksasi dan kebahagiaan meningkat dengan akses ke sinar matahari di rumah.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa ketika melakukan renovasi rumah, satu dari enam orang responden berfokus untuk menciptakan sumber cahaya tambahan.

Paparan sinar matahari telah dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan dan suasana hati seseorang.

Di rumah, cahaya alami dapat membuat ruangan lebih terang dan memberi perasaan lebih banyak ruang.

Dilansir House Beautiful, Kamis (18/8/2022), jika kamu ingin membanjiri rumah dengan cahaya alami, delapan tips teratas ini adalah cara yang bagus untuk memulai.

1. Warna terang memantulkan sinar matahari dengan indah

Gunakan warna yang lebih terang pada dinding dengan menghilangkan wallpaper dan warna blok gelap demi warna cat yang lembut.

Warna putih akan membuat ruangan terasa lebih terang karena memantulkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan, bukan menyerapnya.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, Ucapkan Selamat Tinggal Noda Dekil di Kerah Meja, Bahan Dapur ini Ternyata Ampuh Bikin Kinclong Lagi

Namun, Chris Harvey, ahli interior dari Stelrad menyarankan untuk menghindari cat putih cemerlang di dinding karena ini dapat membuat ruangan terasa dingin, sebaliknya, lebih baik menggunakan warna putih pudar karena ini akan memberikan efek yang jauh lebih hangat.

Jika kamu penggemar warna, Farah Arshad, Head of Design at Dusk, menyarankan untuk mencoba nuansa warna halus yang mempertahankan kesan ruang.

Warna netral dan bersahaja adalah pilihan populer saat ini.

Untuk hasil akhir yang profesional, pilihlah cat gloss, sebab kemilau membantu menyebarkan cahaya untuk ilusi ruang yang lebih luas.

Trik lain adalah mengecat langit-langit beberapa warna lebih terang dari dinding untuk menciptakan perasaan lapang.

2. Lantai yang tepat dapat membantu

Lantai juga dapat diubah menjadi reflektor yang ramah cahaya dengan memilih lantai kayu, laminasi, keramik atau batu dengan hasil akhir yang dipoles, yang akan memantulkan lebih banyak cahaya daripada karpet.

Jika kamu lebih suka karpet, pilihlah warna-warna terang dan netral.

3. Hiasi dengan cermin dan aksesori reflektif

Aksesori logam, kaca, dan cermin dapat membantu memaksimalkan cahaya yang tersedia dan menambahkan sentuhan gaya di seluruh rumah.

Baca Juga: Aneka Tips Harian, 4 Tips Merawat Tanaman Durian dari Pemupukan hingga Panen, Dijamin Enggak Bakal Nyesel

Dengan memantulkan cahaya, bahkan rumah yang paling kompak pun dijamin akan terasa lebih terang dan lebih luas.

Cermin yang ditempatkan dengan hati-hati secara alami memantulkan cahaya dan merupakan cara paling efektif untuk menciptakan ilusi lebih banyak ruang.

Posisi adalah segalanya, dan Arshad menyarankan untuk menempatkan cermin di jendela yang berhadapan langsung untuk memantulkan lebih banyak cahaya alami kembali ke ruangan, terutama ruangan sempit.

4. Jangan abaikan eksterior

Dampak penghijauan di luar rumahmu pada tingkat cahaya di dalam tidak boleh diremehkan.

Jika siang hari terhalang di luar rumahmu, kamu akan memiliki pekerjaan berat melakukan apa pun di interiormu untuk memperbaikinya.

Harvey menyarankan pemilik rumah untuk memotong pohon, semak, atau tanaman memanjat yang tumbuh di sekitar pintu dan jendela yang mungkin menghalangi cahaya.

"Saat kamu berada di luar, ada baiknya juga membersihkan jendelamu secara menyeluruh untuk memastikan sebanyak mungkin cahaya yang masuk," sebut Harvey.

Ini akan memastikan sebanyak mungkin cahaya dapat menyaring melalui kaca dan masuk ke rumahmu.

Baca Juga: Ferdy Sambo Nekat Habisi Nyawa Ajudan Sendiri, Siapa Sangka Putri Candrawathi Sempat Berkeinginan Angkat Brigadir J Sebagai Anaknya Sampai Punya Panggilan Spesial ini

5. Atur ulang tata letak furnitur

Furnitur berukuran besar tidak hanya menghalangi cahaya, tetapi juga membuat ruang terlihat lebih sempit.

Pertama, Arshad menyarankan untuk menghindari furnitur besar berbentuk kotak yang menghalangi cahaya.

Dia juga menyarankan untuk memindahkan furnitur besar dari jendelamu untuk memungkinkan cahaya sebanyak mungkin masuk.

Sebaliknya, pilih furnitur ramping yang lebih memanfaatkan ruang yang tersedia dan tidak terlalu besar dalam desain.

6. Berinvestasi di jendela

Jika kamu memiliki anggaran, maka cara terbaik untuk meningkatkan cahaya alami di rumah kamu adalah dengan memasang jendela dan pintu baru yang besar.

Daun jendela lipat dua adalah pilihan yang sangat baik karena dapat mengubah seluruh dinding rumahmu menjadi kaca untuk pemandangan yang menakjubkan dan tingkat cahaya yang maksimal.

Memasang lampu atap juga adalah cara yang efektif untuk membawa lebih banyak cahaya matahari, dan juga memperluas pandangan ke langit, sehingga kamu mendapatkan ruang yang terasa lebih luas dan lebih terang.

7. Meningkatkan sinar matahari dengan cahaya buatan

Tingkatkan kecerahan dengan cahaya buatan.

Berikan perhatian khusus pada area di mana cahaya dari jendela tidak mencapai, seperti sudut yang canggung, koridor, atau ceruk.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Nggak Perlu Modal Gede Buat Kembalikan Wajah Cantik dan Sehat Tanpa Keriput, Cobalah Pakai Masker dari Bahan Alami ini

Memasang sakelar peredup akan memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol yang lebih besar atas bagaimana ruang dinyalakan.

Dengan demikian, kamu bisa secara bertahap mengubah tingkat cahaya saat cahaya alami di rumah berubah sepanjang hari.

"Lampu LED populer menawarkan tiga pilihan utama yakni putih lembut atau hangat, putih terang atau dingin, dan siang hari," tutur Jo Dyson, ahli renovasi dan interior untuk Homebuilding & Renovating Show dan salah satu pendiri Mae House Design.

"Untuk ruang santai yang nyaman, saya cenderung menggunakan warna putih hangat.

Saya penggemar berat dimmer dan tidak hanya untuk ruang tamu utama, mereka sama pentingnya di kamar tidur dan kamar mandi," ucap dia.

8. Perhatikan tirai

Sama seperti furnitur besar, balutan jendela yang tebal juga dapat menghalangi atau mengaburkan sinar matahari yang berharga.

Sebagai gantinya, pilih tirai yang bisa digulung atau dibuka dengan mudah, memungkinkan kamu untuk menyesuaikannya dengan pergerakan matahari.

Kamu juga perlu memasang pengait atau pengikat gorden, sehingga bisa mendapatkan sinar matahari.

Disarankan untuk memilih kain yang lebih ringan dan lebih alami daripada yang lebih berat seperti beludru.

Jika kamu ingin menjaga privasi, tetapi tetap membiarkan cahaya masuk, tirai voile tipis adalah pilihan yang paling baik.

Baca Juga: Sukses 'Goyang Istana' di HUT Kemerdekaan RI, Sosok Pengamen Cilik Farel Prayoga Ternyata Bikin Presiden Jokowi Request Lagu Lagi Tapi Batal Dinyanyikan

(*)

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : House Beautiful, Kompas

Baca Lainnya