Kumpulan Doa Harian, Baca Doa Ini Saat Hujan Badai Disertai Petir, Jadi Upaya Memohon Keselamatan dari Musibah

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:00
Pexels.com

Ilustrasi berdoa

Gridhype.id- Kumpulan doa harian. Saat hujan badai disertai petir, tidak jarang dari kita yang merasakan takut tidak terkira.

Biasanya, ketakutan saat hujan badai timbul lantaran rasa khawatir akan munculnya musibah yang merugikan.

Hujan memang membawa keberkahan, namun hujan badai bisa saja membawa dampak buruk bagi manusia.

Lantas, apa yang harus kita lakukan?

Sebagai seorang hamba yang taat, kita diwajibkan untuk melibatkan Allah dalam setiap urusan, termasuk saat perasaan takut karena hujan badai.

Oleh karena itu, sembari mencari perlindungan yang aman dari sendiri, kita juga bisa memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Dilansir dari laman serambinews, ada beberapa amalan baik yang bisa dilakukan saat hujan badai menerpa dan menimbulkan rasa takut.

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

"Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an”

(Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). (HR. Bukhari no. 1032)

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Ini Bisa Jadi Solusinya, Simak Bacaan Pengganti Doa Qunut Saat Sholat Subuh, Lengkap dengan Latin dan Artinya

(Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suatu saat pernah meminta diturunkan hujan.

Kemudian ketika hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon pada Allah agar cuaca kembali menjadi cerah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a.

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

(Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan). (HR. Bukhari no. 1014)

Syaikh Sholih As Sadlan mengatakan bahwa do’a di atas dibaca ketika hujan semakin lebat atau khawatir hujan akan membawa dampak bahaya.

Artikel ini telah tayang di serambinews dengan judul Saat Hujan Badai dan Petir Bacaan Doa Ini untuk Minta Perlindungan Allah SWT (18/1/2022).

Baca Juga: Kumpulan Doa Harian Ini Bisa Jadi Solusinya, Simak Bacaan Pengganti Doa Qunut Saat Sholat Subuh, Lengkap dengan Latin dan Artinya

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Serambinews.com

Baca Lainnya