Aneka Tips Kecantikan, Rahasia Kulit Lembab Bukan karena Lotion tapi Cukup Pakai Bahan Rumahan Ini, Ternyata Ampuh Atasi Kulit Kering

Senin, 08 Agustus 2022 | 11:15
freepik.com

Cara Merawat Kulit Kering

GridHype.ID - Simak aneka tips kecantikan untuk mengatasi kulit kering berikut ini.

Bicara soal kulit kering, sejumlah orang beranggapan jika pelembab jadi aneka tips kecantikanpaling ampuh.

Namun perlu diketahui, aneka tips kecantikan untuk mengatasi kulit kering rupanya juga bisa menggunakan bahan alami, loh.

Ini karenatidak semua pelembab bisa mengatasi kulit kering secara efektif.

Seperti diketahui, masalah kulit kering akan membuat kulit terasa lebih kasar hingga bisa menyebabkan gatal dan ruam untuk sejumlah orang.

Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak nyaman, bukan?

Maka dari itu perlu mengaplikasikan lotion untukmembantu dalam menjaga kelembapan kulit sehingga kulit akan tetap terlihat sehat.

Selain produk pelembab yang dijual di pasaran, mengutip Kompas.com, rupanya ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Bahkan, beberapabahan alami berikut ini mungkin sudah Anda miliki di rumah. Apa saja?

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Bak Habis Perawatan ke Salon Mahal, Siapa Sangka Tomat Bisa Bikin Rambut Bebas dari Masalah Sejuta Umat Ini, Begini Caranya

1. Madu

Selain digunakan untuk tambahan pada minuman atau hidangan pencuci mulut, madu ternyatamemiliki kegunaan lain sebagai pengganti lotion untuk melembapkan kulit.

Melansir WebMD, madu memiliki senyawa antimikroba dan antiinflamasi yang berguna untuk memperlambat kerusakan sel.

Temuan tersebut didukung dengan penelitian dari Iran yang dimuat pada Iranian Journal of Basic Medical Sciences pada tahun 2013.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan madu yang berupa fenolat, enzim, peptida, asam organik, dan reaksi Maillard membuatnya efektif digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Healthline juga menambahkan bahwa madu termasuk exfoliator alami yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pembentukan kulit sehat.

Meskipun begitu, madu yang disarankan untuk digunakan adalah madu alami karena masih mengandung bakteri baik sehingga lebih efektif untuk meredakan kulit kering, seperti madu manuka.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak natural yang didapatkan dari ekstraksi kelapa mentah atau kering.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Jangan Dulu Buru-buru Perawatan Mahal, Begini Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Wajah, Bukan Sembarangan Dipencet!

Biasanya minyak kelapa dikenal sebagai minyak untuk menggoreng, tetapi ternyata bisa juga digunakan di kulit dan rambut.

Melansir Healthline, minyak kelapa bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan peradangan, serta juga bisa digunakan sebagai pelembap alami kulit.

Penelitian mengenai keefektifitasan minyak kelapa dalam menjaga kelembapan kulit dilakukan oleh ahli dari Makati Medical Center dan terbit pada Journal of Dermatitis pada tahun 2004.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa minyak kelapa bisa mendukung kelembapan kulit tanpa adanya reaksi negatif yang muncul dari penggunaannya selama dua minggu.

Penelitian lain juga dilakukan oleh ahli dari Skin and Cancer Foundation yang dimuat di Journal of Dermatitis pada tahun 2008.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa 52 partisipan yang memiliki eksim dan menggunakan minyak kelapa bisa memiliki kulit yang lebih lembap.

Minyak kelapa terbukti bisa mengurangi kulit kering sehingga eksim juga bisa disembuhkan.

3. Aloe vera

Aloe vera sudah lama dikenal khasiatnya sebagai penumbuh rambut dan obat alami untuk kulit terbakar.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Gak Perlu Lagi Beli Skincare Mahal, Mending Pakai Bahan Alami Ini Saja Kalau Mau Bikin Wajah Glowing Bak Artis Korea

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh ahli dari India yang dimuat pada Brazilian Journal of Microbiology pada tahun 2009.

Penelitian tersebut menemukan kandungan antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi yang dimiliki oleh aloe vera.

Dengan kata lain, aloe vera juga memiliki fungsi untuk meringankan kulit kering karena bisa mendukung penyembuhan luka dan kesehatan kulit.

4. Oatmeal

Oatmeal yang dikenal sebagai makanan sehat ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit.

Melansir Healthline, oatmeal yang dihaluskan dan digunakan untuk berendam bisa membuat kulit semakin lembap karena kandungan antiinflamasi, antioksidan, vitamin C, dan asam ferulat.

Kandungan alami yang dimiliki oleh oatmeal ini akan berfungsi untuk mengunci air sehingga kelembapan kulit semakin terjaga.

Baca Juga: Aneka Tips Kecantikan, Cuci Muka Pakai Air Serai Bisa Bikin Wajah Semakin Glowing Setiap Hari? Ternyata Begini Kebenarannya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya