Aneka Tips Harian Ini Dibocorkan Chef Ternama, Simak Cara Menyimpan Apel agar Tidak Mudah Busuk, Gak Nyangka Bisa Awet Bermingggu-minggu

Kamis, 04 Agustus 2022 | 07:00
Foto oleh Aphiwat chuangchoem/pexels

Buah apel

GridHype.ID - Aneka tips harian, ternyata ada loh cara menyimpan apel agar tidak mudah rusak.

Ya, aneka tips harian cara menyimpan apelini bisa membuat buah apel Anda jadi lebih tahan lama.

Enggak pakai ribet, aneka tips harian agar apel awet dan tahan lama juga gampang banget ditiru.

Seperti diketahui, apel menjadi salah satu buah yang tergolong mudah rusak.

Membiarkannya sebentar di ruang terbuka dalam kondisi terpotong atau terkupas pun bisa mengubah warnanya.

Untuk itu, kita perlu mengetahui cara menyimpan apel dengan tepat agar lebih tahan lama.

Kepala penyulingan di Sauvage Distillery di Charlottesville, New York, Ken Wortz, mengatakan, apel sama seperti buah pir.Artinya, apel harus disimpan di tempat yang sejuk, dingin, dan teduh.

Sementara itu, chef dan pendiri situs Teaching Table Laura Scheck mengatakan, tempat terbaik untuk menyimpan apel sangat bergantung pada kondisi lingkungan sekitarnya.

Kondisi lingkungan yang dimaksud adalah antara lain, kehangatan atau bagaimana kelembapan di rumah.

Baca Juga: Jangan Buru-buru ke Klinik Kecantikan, Begini Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Bahan Alami, Bisa Banget Perawatan Sendiri di Rumah

Nah, jika ingin menambah waktu penyimpanan apel, Wortz dan Scheck meyakini crisper drawer di lemari es merupakan tempat terbaik.

"Laci ini dapat membuat apel bertahan selama 6-8 minggu dalam lemari es,” ujar Wortz.

Scheck juga berpendapat, jika suhu kamar atau ruangan rumah cukup hangat, lemari es adalah tempat ideal untuk menyimpan apel, meski untuk jangka pendek.

Lalu tak perlu khawatir jika kita tidak langsung mendinginkannya. Pasalnya, apel masih bisa bertahan selama 1-2 minggu di meja dapur.

Scheck juga mengatakan agar kita menjauhkan apel dari buah lain. Sebab, apel melepaskan gas hormon etilen yang dapat membuat buah dan sayuran lain matang lebih cepat.

Hal ini akan lebih mudah terjadi apabila apel sudah terlalu matang atau mulai berubah warna.

Untuk itu, Scheck menyarankan untuk menyimpan apel dalam sebuah kantong atau wadah plastik di dalam lemari es atau lemari.

Lalu jika disimpan di meja dapur, kita bisa meletakannya di dalam mangkuk atau kantung kertas. Tapi jangan lupa, tetap memisahkan apel dari buah lain.

Shechk juga mengingatkan untuk segera mengonsumsi atau membuang sisi kecoklatan apel yang sudah mulai berubah warna.

Baca Juga: Bikin Tetangga Iri, Wanita Ini Ternyata Berhasil Atasi Ketombe Cuma dengan Cuka Apel, Gak Perlu Lagi Perawatan ke Salon Mahal

“Itu akan mendorong bagian apel yang lain untuk ikut membusuk,” ujar Scheck.

Wortz juga memiliki pandangan yang senada. "Jika kita menyimpan terlalu banyak apel bersama-sama, sebaiknya ceklah secara rutin."

"Sebab, satu apel busuk dapat membuat apel lain mengalami hal yang sama,” kata dia.

Sementara terkait lama penyimpanan, Wortz mengatakan apel yang dibeli di toko biasanya telah disimpan cukup lama sebelumnya.

"Jika disimpan dalam cooler, apel-apel itu bisa bertahan berbulan-bulan sejak buahnya dipetik. Namun, begitu kita membelinya, apel hanya akan bertahan satu minggu di luar lemari es dan 6-8 minggu di lemari es,” ujar Wortz.

Lalu jika apel sudah dipotong, Scheck mengatakan, buah tersebut harus dimasukkan ke dalam lemari es sesegera mungkin.

Dan, untuk mencegah kecokelatan, menurut dia kita perlu membungkus rapat apel dengan plastik atau beeswax wrap dan mengonsumsinya dalam beberapa hari.

"Atau, peras jus lemon di atasnya,” lanjut Scheck.

Baca Juga: Nggak Perlu Lagi Nggak Pede dan Malu, Bau Badan Bakal Minggat Cuma Modal Bahan Alami ini, Dijamin Tubuh Langsung Bau Wangi

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya