Jauh dari Orang-orang Terkasih, Amalkan Doa untuk Keluarga dan Saudara Ini, agar Dilindungi dari Malapetaka

Minggu, 24 Juli 2022 | 21:00

Illustrasi Berdoa

GridHype.ID - Ada sejumlah doa harian yang sebaiknya tak boleh dilewatkan oleh umat Muslim, salah satunya doa untuk keluarga dan saudara.

Sebab, memanjatkan doa untuk keluarga dan saudara menjadi cara memohon kepada Allah, untuk selalu melindungi saudara dan keluarganya dari berbagai macam bahaya.

Bahkan doa untuk keluarga dan saudarajuga diamalkan oleh para Nabi semasa hidupnya, misalnya saja Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim rutin memanjatkan doa permohonan agar beliau dan seluruh keluarganya diberikan kemudahan untuk selalu mengerjakan sholat sebagai ibadah utama dalam Islam.

Hal tersebut sebagaimana yang tertulis dalam buku Panduan Lengkap Doa untuk Muslimah yang ditulis oleh Fathuri Ahza Mumtaza (2021:108).

Doa tersebut terkandung dalam Al-Quran yaitu surat Ibrahim ayat 40.

Berikut Doa untuk Keluarga dan Saudara Sesama Muslim yang di dalam Al Quran

Selain doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim, terdapat pula doa untuk keluarga dan saudara sesama Muslim lainnya yang tertuang dalam Alquran.

Berikut ini adalah kumpulan doa untuk keluarga dan saudara sesama Muslim yang dikutip dari berbagai ayat Al-Quran untuk diamalkan dalam doa harian:

Baca Juga: Yuk Diingat-ingat, Inilah Bacaan Doa Ketika Mengalami Mimpi Buruk dan Mimpi Baik, Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya

1. QS. Asy Syu’ara: 169

رَبِّ نَجِّنِى وَأَهْلِى مِمَّا يَعْمَلُونَ

Artinya: (Luth berdoa): "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan". (QS. Asy Syu’ara: 169)

2. QS. Ibrahim: 40

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim: 40)

3. QS. Al Furqan: 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artnya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertaqwa.” (QS Al Furqan: 74).

Baca Juga: Arti Ya Hayyu Ya Qayyum, Dzikir Ketenangan Hati yang Bisa Dibaca Usai Salat Lima Waktu

4. QS. Al Hasyr:10

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Hasyr:10).

Semoga doa ini bermanfaat dan bisa istiqomah kita amalkan. Amiiin.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Doa Untuk Melindungi Keluarga dan Saudara Lewat Jarak Jauh, Amalkan Doa Ini

Baca Juga: Biasakan Baca Doa Ini di Sore Hari Menjelang Malam, Cara Baik Menutup Hari dengan Keberkahan

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Tribun-Medan.com

Baca Lainnya